Palestina-Israel Rayakan Penukaran Tahanan

Bendera Palestina.
Sumber :
  • Reuters/Yannis Behrakis/Files

VIVAnews - Palestina dan Israel telah sepakat untuk melakukan penukaran tawanan. Tentara remaja Israel, Gilad Shalit, akan ditukar dengan 1.027 tahanan Palestina.

Penukaran tawanan ini pun kemudian dirayakan oleh warga Palestina, juga Israel. Perayaan di Palestina dilakukan di sejumlah kota, antara lain Gaza dan kota perbatasan Rafah.

Israel dan Hamas minggu lalu sepakat membebaskan 1.027 tahanan Palestina dalam dua tahap -- termasuk mereka yang sedang menjalani hukuman seumur hidup karena menyerang Israel. Sedangkan tahap kedua akan dilakukan kemudian. Pemulangan tahap kedua tetap akan dilakukan di tahun ini.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Dalam tahap pertama ini, Israel memulangkan 400 tahanan Palestina. Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyambut suka cita pelepasan tahanan. Walau dicap teroris oleh warga Israel, Abbas menganggap tahanan yang dilepas itu sebagai pejuang kemerdekaan.

Adapun Pejabat senior Hamas, Ismail Haniya mengatakan penawanan terhadap Shalit merupakan operasi yang sangat berharga. "Banyak yang mengatakan penangkapan Shalit sia-sia, tapi hari ini membuktikan ucapan itu salah," kata Haniya kepada ratusan ribu warga Israel di Gaza.

Mengenai penukaran ini, warga Palestina kemudian berharap akan ada lagi tentara Israel yang ditahan, untuk ditukarkan dengan ribuan tahanan Palestina lain, yang masih mendekam di penjara Israel. Saat ini, setidaknya ada 5.000 tahanan Palestina yang masih ditahan Israel.

"Kami inginkan Gilad baru," demikian ucapan yang diteriakkan warga Palestina.

Sedangkan, di kota Mitzpe Hila, Israel, warga Israel merayakan kepulangan Gilad Shalit. Dengan berpesta sambil mengibarkan bendera Israel, warga Israel menyambut kepulangan tentara berpangkat sersan itu, yang dengan mengendarai van putih dikembalikan ke rumah orang-tuanya.

Dalam sebuah wawancara dengan televisi Mesir, Shalit sendiri pernah mengungkapkan harapan penukaran ini dapat menjadi momentum perdamaian antara Israel dengan Palestina. (umi)

Bimbingan Menulis Maxnovel (Doc: Istimewa)

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

MaxNovel bersama dengan berbagai universitas di Indonesia, termasuk LP3I, bekerja sama dalam rangka memberdayakan kemampuan para penulis muda.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024