Utusan Misterius Al-Qaeda Sumbang Somalia

Tentara Al-Shabaab di Somalia
Sumber :
  • REUTERS/Feisal Omar

VIVAnews - Seorang lelaki misterius bersorban mendatangi para korban bencana kelaparan di Somalia dengan dikawal pasukan bersenjatakan senapan AK-47. Dia mengaku utusan Al-Qaeda yang sengaja datang untuk memberikan bantuan bagi masyarakat Somalia.

Diberitakan CNN, Rabu 19 Oktober 2011, lelaki ini mengaku bernama Abu Abdulla Almuhajir. Muhajir sendiri artinya adalah orang asing. Perawakannya kurus dan masih terlihat muda. Kulitnya cerah, bukan seperti kulit orang Timur Tengah maupun Afrika kebanyakan. Dia juga mampu berbicara Bahasa Inggris dengan fasih.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Almuhajir mengaku diutus oleh pemimpin Al-Qaeda, Ayman al Zawahiri, dari tempat persembunyiannya di Pakistan. Dia membawa bantuan berupa makanan, pakaian, dan uang tunai sebesar US$12 ribu atau sekitar Rp105 juta. Pasukan yang mengawalnya adalah pasukan militan Al-Shabaab yang menguasai sebagian besar Somalia.

Dalam sebuah rekaman yang diunggah di sebuah laman Islam garis keras, Almuhajir mengatakan kepada warga Somalia bahwa Al-Qaeda ikut merasakan penderitaan mereka dan meminta umat Muslim mendukung Al-Shabaab. Almuhajir juga menyampaikan rencana jangka panjang Osama bin Laden di Somalia. "Dia (Osama) memainkan peran besar dalam mengusir penjajah di tanah Muslim Somalia," katanya.

Rekaman tersebut saat ini tengah diselidiki oleh badan anti terorisme Amerika Serikat. Jika memang peristiwa itu benar terjadi, hal ini menunjukkan adanya hubungan yang semakin erat antara Al-Shabaab dan Al-Qaeda. AS juga tengah menyelidiki identitas sebenarnya Almuhajir.

Dari warna kulit dan cara bicaranya, ditengarai Almuhajir adalah warga AS atau Kanada yang memang banyak direkrut Al-Qaeda. Salah satunya adalah Adam Gadahn, 33, warga Oregon, AS. Dia telah sejak lama menjadi penerjemah di kelompok ini.

Namun, berdasarkan pengamatan, lingkar pinggang dan suaranya, Almuhajir sangat berbeda dengan Gadahn. Beberapa orang lainnya yang dicurigai adalah Adnan Shukrijumah, 36, warga AS kelahiran Arab Saudi, dan Jude Kenan Mohammed, 22, warga Raleigh, Carolina. Semuanya masuk dalam daftar buruan badan anti teror AS. (kd)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Momen Prabowo-Gibran Salami Anies-Cak Imin Usai Resmi jadi Presiden dan Wapres Terpilih

Pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) menghadiri langsung penetapan Prabowo-Gibran di KPU pada Rabu hari ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024