Azerbaijan Terpilih Jadi Anggota DK PBB

Sidang Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat.
Sumber :
  • REUTERS/Shannon Stapleton

VIVAnews - Azerbaijan terpilih menjadi negara anggota Dewan Keamanan (DK) PBB yang baru, setelah Slovenia menyatakan mundur dari persaingan. Empat negara lainnya juga terpilih untuk bergabung dengan DK PBB mulai Januari tahun depan.

Dilansir dari laman CNN, Selasa 25 Oktober 2011, Azerbaijan dan Slovenia sama-sama mengajukan diri menjadi anggota DK PBB. Setelah 16 kali voting menghasilkan dukungan untuk Azerbaijan, Slovenia memutuskan untuk mundur.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Selain Azerbaijan, empat negara baru anggota DK PBB tahun depan yang terpilih pekan lalu adalah Pakistan, Guatemala, Maroko dan Togo. Negara-negara ini akan menjadi anggota DK PBB selama dua tahun.

Saat ini, anggota Tetap DK Keamanan PBB adalah China, Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat. Lima negara bukan anggota tetap yang terpilih tahun lalu adalah Kolombia, Jerman, India, Portugal dan Afrika Selatan. Ditambah, empat negara yang terpilih pekan lalu.

Pada Januari nanti, Akan ada tujuh anggota DK PBB yang merupakan negara pemilik senjata nuklir, yaitu China, Prancis, India, Pakistan, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat.

Duta Besar AS untuk PBB, Susan Rice, menyampaikan ucapan selamatnya dalam sebuah pernyataan. Dia mengatakan terdapat banyak tantangan yang harus diselesaikan oleh para anggota DK PBB mendatang.

"Tahun depan, Dewan Keamanan akan menghadapi lebih banyak lagi tantangan global, termasuk di antaranya adalah non-proliferasi nuklir, pemberantasan terorisme, pencegahan dan resolusi konflik, promosi demokrasi dan HAM. Pemerintah AS siap melakukan kerja sama dengan para anggota baru," kata Rice. (eh)

Rowoon

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Rowoon eks anggota SF9 baru-baru ini akhirnya mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk meninggalkan grup idola tersebut dan beralih fokus ke dunia akting. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024