AS: Soal Hibah F-16, Indonesia Cerdas

Skadron Jet Tempur F-16 milik AS.
Sumber :
  • REUTERS/USAF/Staff Sgt. Greg L. Davis/Handout/Files

VIVAnews - Asisten Menteri Luar Negeri AS, Kurt Campbell, menilai bahwa keputusan Indonesia menerima hibah 24 unit pesawat jet tempur jenis F-16 dari Negeri Paman Sam merupakan langkah yang sangat efektif. Kendati bekas pakai, pesawat itu diyakini tetap berkualitas tinggi bila telah dimutakhirkan (upgrade).

Penilaian itu diutarakan Campbell kepada para wartawan dalam kunjungannya ke Jakarta, 25 Oktober 2011. Kunjungan Campbell itu dalam rangka persiapan lawatan Presiden Barack Obama ke Bali November mendatang.

"Kami melihat hibah 24 unit F-16 itu merupakan langkah yang sangat efektif dari segi biaya. Pesawat bekas akan di upgrade untuk memenuhi standar berkualitas tinggi," kata Campbell.

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertahanan, Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin, bertepatan dengan HUT TNI ke-66, mengungkapkan bahwa Indonesia menerima 24 unit pesawat tempur F-16 secara gratis.

Menurut Campbell, dari segi biaya, Indonesia pada akhirnya memiliki 24 pesawat yang tetap berkualitas sangat tinggi ketimbang hanya memiliki armada dalam jumlah kecil, atau hanya membeli 6 atau 8 unit pesawat baru. "Ini sangat efektif dan cerdas," kata Campbell. 

Mengenai berapa besarnya biaya upgrade masih akan dibahas lebih lanjut dengan pihak-pihak berwenang. Menurut Dubes AS untuk Indonesia, Scot Marciel, hibah ini berdasarkan permintaan Indonesia. 

Kerjasama ini juga telah dibicarakan antara Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dengan Menhan AS, Leon Panetta, di Bali pekan lalu.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024