Ahmadinejad Tuding Barat Ingin Menjarah Libya

Ahmadinejad pidato di Sidang Umum PBB 2011
Sumber :
  • Press TV

VIVAnews- Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menuding pihak Barat sejak awal hanya berniat menjarah minyak Libya dan hanya mendukung Moammar Khadafi jika menguntungkan mereka. Bahkan, Barat tak akan segan menyingkirkan Khadafi bila dinilai tak bisa menyokong keinginan mereka.

"Tunjukkan pada saya satu saja pemimpin Eropa atau Amerika yang belum pernah berkunjung ke Libya atau memiliki persetujuan dengan Khadafi," ujar Ahmadinejad dalam sebuah tayangan yang disiarkan secara langsung di Iran, seperti dimuat kantor berita Reuters pada Selasa 25 Oktober 2011.

Ahmadinejad juga menuding Barat berada dibalik tewasnya Khadafi. Ia lantas menghimbau rakyat Libya untuk mewaspadai kemungkinan pemerintahan Libya nantinya disetir oleh pihak Barat.

"Ada beberapa orang yang berkata mereka membunuh Khadafi supaya ia tak bisa berkata apa-apa, sama saja seperti yang mereka lakukan terhadap Bin Laden," katanya. Ahmadinejad begitu yakin bahwa Barat-lah dalang sebenarnya di balik pergolakan Libya.

Ia juga mengolok-olok pendekatan yang dilakukan Barat terhadap Dewan Keamanan PBB, yang disebutnya sebagai badan tanpa harga diri. Resolusi PBB untuk melawan Khadafi juga dipandang Ahmadinejad sebagai sebuah titah untuk menguasai minyak Libya.

"Keputusan apapun yang dapat memperkokoh pengaruh asing di tanah Libya jelas bertentangan dengan apa yang diinginkan rakyat," tuturnya. "Apa yang diinginkan dunia dari Libya adalah, mereka bisa menjalankan pemerintahan mereka sendiri." (eh)

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas
Kerangka manusia ditemukan di lereng Gunung Slamet.

Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet

Sesosok mayat yang sudah menjadi kerangka manusia di Pos 3, jalur pendakian Gunung Slamet masuk wilayah Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024