Gempa Turki

Empat Hari Terkubur Puing, Pria Ini Selamat

Imdat, pemuda Turki yang selamat setelah empat hari terkubur.
Sumber :
  • REUTERS/Osman Orsal

VIVAnews - Seorang pemuda berhasil dievakuasi setelah terkubur lebih dari empat hari di dalam reruntuhan akibat gempa di kota Ercis, Turki. Sementara itu, korban selamat masih terus berjuang menghadapi malam-malam yang dingin tanpa naungan.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Kamis 27 Oktober 2011, lelaki 18 tahun  yang bernama Imdat, atau yang artinya 'tolong' ini, berhasil diselamatkan oleh tim relawan asal Azerbaijan setelah berjuang menggali reruntuhan selama dua hari.

Ketika berhasil dikeluarkan, takbir dan puji-pujian membahana dari para warga yang menyaksikan proses evakuasi. "Allahu Akbar!" teriak paman Imdat, yang turut membantu penyelamatan. Dalam kondisi yang sangat lemah, Imdat dilarikan ke rumah sakit.

Imdat telah lebih dari 100 jam terkubur reruntuhan setelah gempa berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang Turki bagian timur. Proses pencarian korban selamat masih terus dilakukan. Sampai saat ini, dilaporkan 185 orang berhasil dievakuasi hidup-hidup dari dalam reruntuhan. Di antaranya yang berhasil diselamatkan adalah bayi berusia dua minggu yang terjebak selama dua hari.

Data terakhir menunjukkan, korban tewas telah mencapai 534 orang, sementara itu 2.300 lainnya mengalami luka-luka. Sementara itu, korban selamat juga harus berjuang bertahan hidup di tengah cuaca dingin tanpa tenda.

Warga mengatakan, tenda dan makanan yang diberikan oleh pemerintah tidak mencukupi, memaksa beberapa dari warga tidur di taman-taman kota. "Kami tidur di bawah selembar plastik yang dipasang di atas papan. Ada 10 anak kecil bersama kami, mereka semua kedinginan. Semua orang membutuhkan tenda, sebentar lagi turun salju. Ini bencana," kata Fetih Zengin, 38, seorang warga. (eh)

Resmi Jadi Presiden Terpilih, Prabowo Tak Akan Mundur dari Jabatan Menhan
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

Timnas Indonesia U-23 membuka jalan lolos ke Olimpiade Paris 2024. Hal tersebut usai Timnas Indonesia menaklukkan Timnas Korea Selatan di perempat final Piala Asia U 23

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024