Badai Salju, 3 Juta Rumah di AS Tanpa Listrik

Dampak badai salju di Kota Worcester, Massachusetts, AS
Sumber :
  • REUTERS/Adam Hunger

VIVAnews - Lebih dari tiga juta rumah di kawasan timur laut AS sejak Minggu waktu setempat mengalami gangguan aliran listrik. Penyebabnya adalah badai salju dahsyat yang jarang sekali terjadi di kawasan itu di bulan Oktober, namun sudah menewaskan sedikitnya delapan orang dan mengacaukan transportasi.

Menurut kantor berita Reuters, dengan mengutip laporan Badan Cuaca Nasional AS, badai salju terparah melanda Kota Jaffrey di negara bagian New Hampshire. Salju di sana setebal 79,7 cm. Di Kota West Wilford, New Jersey, salju telah setebal 48 cm.

Badai salju itu terjadi sejak Sabtu pekan lalu dan diperkirakan mereda pada Minggu malam waktu setempat. Namun, disertai angin kencang yang super dingin, badai salju itu merobohkan banyak pohon dan tiang listrik mulai dari West Virginia hingga Maine.

Situasi itu menyebabkan aliran listrik terganggu. Menurut Weather.com, sejak Minggu malam waktu pesisir timur AS (Senin pagi WIB) ada sekitar tiga juta rumah yang mengalami gangguan aliran listrik, terutama di kawasan Mid-Atlantic dan New England.
  
Gubernur negara bagian Connecticut, Dannel Malloy, mengungkapkan bahwa wilayahnya menderita gangguan aliran listrik terburuk sepanjang sejarah. Pihak berwenang di Maine, Massachusetts, dan New Jersey memperkirakan bahwa putusnya aliran listrik akan berlangsung hingga beberapa hari mendatang.

Bahkan pemerintah Connecticut khawatir bahwa gangguan listrik bisa berlangsung hingga lebih dari seminggu. Itulah sebabnya pihak berwenang menutup sekolah umum pada Senin waktu setempat di Connecticut dan New Jersey. Sementara itu pemerintah negara bagian New York, New Jersey, Connecticut, dan Massachusetts menerapkan status darurat akibat badai salju.

Bencana itu pun menyebabkan penderitaan bagi para pengguna angkutan umum. Sebanyak 48 penumpang kereta Amtrak jurusan Boston terjebak selama 13 jam setelah longsoran batu besar menghalangi jalur rel di Massachusetts. Mereka akhirnya naik bus menuju Boston pada Minggu siang.

Pengelola kereta Amtrak juga menghentikan layanan rute Providence, Rhode Island dan Boston; New Haven, Connecticut dan Springfield, Massachusetts; serta Philadelphia dan Harrisburg, Pennsylvania. Layanan kereta ke New York City juga dihentikan sementara.

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil
Ilustrasi masa perang kemerdekaan RI.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Ada beberapa artikel yang menjadi pusat perhatian publik di Indonesia sehingga mendapatkan banyak pembaca untuk kanal Trending VIVA.co.id pada Kamis, 25 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024