Badai Salju

Bandara AS Tutup, Jutaan Penumpang Terlantar

Dampak badai salju di Kota Worcester, Massachusetts, AS
Sumber :
  • REUTERS/Adam Hunger

VIVAnews - Salju yang menyelimuti Pantai Timur Amerika Serikat membuat beberapa bandara terpaksa berhenti beroperasi untuk sementara waktu karena banyak pesawat yang mengalami gangguan. Akibatnya, lebih dari empat juta penduduk yang ingin bepergian menggunakan pesawat terlantar.

"Tak peduli sistem apapun yang dimiliki bandara, yang jelas sistemnya buruk sekali," keluh Fatima Dhandari, seorang penumpang terlantar di Bradley International Airport di negara bagian Connecticut, seperti dimuat CNN pada Minggu 30 Oktober 2011. Penerbangannya dari Boston ke New York terpaksa dialihkan ke Connecticut disebabkan adanya gangguan di landasan pacu bandara John F Kennedy, New York.

Kekesalannya semakin bertambah karena sinyal ponsel di bandara Bradley terganggu, dan para penumpang tidak mendapatkan makanan selama menunggu. JetBlue, maskapai yang penerbangannya dialihkan, meminta maaf atas hal ini dalam situs resmi mereka.

"Kami bekerjasama dengan pihak bandara Bradley untuk menyediakan pelayanan terbaik bagi para penumpang yang penerbangannya dialihkan, yaitu perencanaan penerbangan kembali, pengadaan kamar kecil, dan pemberian ganti rugi," kata Victoria Lucia, juru bicara JetBlue.

Bukan hanya pembatalan penerbangan, banyak juga penerbangan domestik ataupun internasional JetBlue yang ditunda hingga lebih dari tiga jam. Kontan hal ini membuat banyak penumpang kecewa, karena pihak maskapai memberitahukan pembatalan terjadi karena masalah pengisian bahan bakar tanpa ada keterangan lebih lanjut.

Rupanya tak hanya bandara JFK saja yang berhenti beroperasi sementara akibat badai salju. Tercatat bandara Newark dan Teterboro di New Jersey, serta bandara Newburgh, bandara LaGuardia, dan Westchester County di New York juga mengalami hal serupa.

Akibatnya, penerbangan dari dan menuju ke semua bandara ini terpaksa dialihkan ke Bandara Bradley sampai cuaca kondusif sehingga bandara bisa dibuka kembali. Sebelumnya, jalur angkutan umum seperti kereta api dan bus di beberapa bagian di AS juga ditutup akibat badai salju. (umi)

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024