Ditemukan, Dua Tengkorak Romantis di Italia

Kerangka berpegangan tangan di Modena, Italia
Sumber :
  • www.archeobo.arti.beniculturali.it

VIVAnews - Para arkeolog Italia menemukan hal menarik saat menggali kawasan istana kuno Romawi di kota Modena, Italia, bulan lalu. Mereka menemukan kerangka tulang pasangan yang terkubur dengan posisi romantis, sambil bergandengan tangan dalam sebuah makam.

Saat ditemukan, posisi kepala kerangka wanita menghadap ke arah kerangka pria. Mereka diduga terkubur pada abad kelima atau keenam setelah Masehi, atau pada hari-hari terakhir kerajaan Romawi Kuno.

"Kami percaya bahwa saat dikubur, wajah mereka menghadap satu sama lain. Posisi tulang belakang si pria menunjukkan bahwa kepalanya berputar setelah dikubur," kata Donato Labate, kepala penggalian, seperti dikutip dari The Telegraph, Jumat 4 November 2011.

"Saya sudah berkali-kali melakukan penggalian, namun belum pernah merasa tersentuh seperti sekarang," ujarnya lagi.

Dari cara penguburannya, saat masih hidup kedua kerangka ini diduga termasuk golongan darah biru kota Modena, yang dahulu bernama Mutina. Daily Mail menuliskan, dari cincin perunggu yang ditemukan di antara kerangka wanita, diduga kuat mereka adalah pasangan suami istri.

Pasangan ini adalah salah satu dari beberapa kerangka yang ditemukan di area yang sama dari kedalaman tanah 10 kaki. Kerangka lain yang ditemukan kondisinya tak sebagus pasangan ini, dan diduga merupakan kerangka budak.

Rencananya, kedua kerangka ini akan kembali dipelajari oleh Giorgio Gruppioni, seorang antropolog dari Università di Bologna untuk memastikan usia kerangka, hubungan kerangka, dan sebab kematian. Setelah itu, mereka akan dipajang di museum dekat Modena tahun depan supaya lebih banyak orang yang bisa melihat.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool
Banjir melanda provinsi Guangdong, China

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Banjir melanda provinsi Guangdong di China selatan, usai hujan badai yang deras melanda selama akhir pekan lalu, dan menewaskan sedikitnya empat orang ketika air meluap m

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024