Kaisar Jepang Dilarikan ke Rumah Sakit

Kaisar Jepang Akihito.
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon/Files

VIVAnews - Pihak rumah tangga Kekaisaran Jepang menyatakan bahwa Kaisar Akihito telah dirawat di rumah sakit sejak Minggu kemarin, 6 November 2011. Raja yang bulan depan berulangtahun ke-78 ini menderita demam dan menunjukkan gejala sakit bronkitis.

Menurut kantor berita Reuters, Kaisar Akihito dirawat di Rumah Sakit Universitas Tokyo setelah beberapa hari terakhir menderita demam. Dia terlihat sangat lelah dan kehilangan daya tahan untuk segera sembuh dari demam. 

Tugas-tugas Akihito sebagai kaisar Jepang untuk sementara diambil alih Putra Mahkota Naruhito. Akihito naik tahta pada 1989 tak lama setelah ayahnya, Kaisar Hirohito, wafat. Dalam kurun dua puluh tahun, Kaisar Akihito terus berupaya mengurangi kesenjangan hubungan antara keluarga istana dengan rakyat Jepang.

Lima hari setelah gempa bumi dan tsunami melanda bagian timur laut Jepang pada 11 Maret 2011, Akihito berpidato kepada publik lewat siaran televisi. Bulan berikutnya, Akihito dan istri, Putri Michiko, pergi ke wilayah bencana untuk memberi dorongan moril dan semangat kepada penduduk setempat.

Kaisar Akihito pernah menjalani operasi kanker prostat pada 2003 dan di penghujung 2008 menderita gangguan kesehatan yang terkait dengan stress, diantaranya denyut jantung tidak teratur dan mengalami pendarahan di bagian perut.

Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur

Maka, pada 2009, pengurus Rumah Tangga Kekaisaran mengurangi frekuensi tugas-tugas Kaisar Akihito, seperti memberi pidato dan menerima tamu-tamu kehormatan dari luar negeri.

Pihak Istana pun kemarin terpaksa membatalkan jadwal kaisar dengan suatu lembaga swadaya masyarakat di Tokyo karena belum sembuh dari demam.  (umi)
 

 






Nathan Tjoe-A-On

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

PSSI sedang berusaha mendapatkan izin dari SC Heerenven agar mau kembali melepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di babak perempat final.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024