FOTO: Anggota DPR Transeksual

Anna Grodzka, anggota parlemen transeksual di Polandia
Sumber :
  • REUTERS/Peter Andrews

VIVAnews - Polandia melantik seorang transeksual sebagai anggota parlemen. Namanya Anna Grodzka. Usianya 57 tahun. Dia berasal dari Partai Pergerakan Palikot.

Grodzka terlahir sebagai pria pada 16 Maret 1954 di Kota Otwock dengan nama Krzysztof Bgowski. Dia mengganti kelaminnya menjadi wanita dengan melakukan operasi pada tahun 2010 yang lalu di Thailand. Profesinya sebagai pengusaha dan bekerja di bidang penerbitan dan pembuatan film.

Pelantikan Grodzka ini seolah melemahkan citra Polandia sebagai negara konservatif di Eropa. Para pengamat berpendapat, kemenangan Partai Pergerakan Palikot dan diterimanya Grodzka di parlemen menunjukkan semakin melemahnya pengaruh kelompok agama di Polandia.

Anna Grodzka sendiri mengaku, respon yang diterima terkait pemilihannya beragam, mulai dari yang menyukai hingga yang agresif. "Banyak orang di dunia politik dan media yang tidak paham isu kaum transgender. Mereka juga menggunakan kenyataan bahwa saya dulunya pria sebagai senjata untuk menyerang saya," katanya sebagaimana dilansir laman BBC, Selasa 8 November 2011.

Sebelum Grodzka, ada beberapa politisi transgender yang ada di dunia. Di antaranya Georgina Beyer dari Selandia Baru dan Vladimir Luxuria dari Italia.

Lihat foto-foto Grodzka di tautan ini.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

(eh)

Gambar Nyamuk DBD

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

The number of dengue fever cases in Indonesia has increased, with over 35,000 patients so far. Meanwhile, 390 people have died due to dengue fever.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024