Obama Potong Anggaran Souvenir Pemerintah

Ilustrasi gantungan kunci AS
Sumber :
  • zazzle.com

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat Barack Obama memerintahkan pemotongan anggaran souvenir pemerintah maupun Gedung Putih. Langkah ini diambil sebagai salah satu cara penghematan anggaran di tubuh pemerintahan.

Seperti dilansir dari laman BBC, Rabu 9 November 2011, Obama mengurangi anggaran pembuatan mug, t-shirt dan gantungan kunci berlabel pemerintah AS. Barang-barang ini diberikan secara cuma-cuma sebagai souvenir untuk mempromosikan program pemerintah.

Benda-benda lainnya yang juga akan terkena imbas pemotongan anggaran adalah botol air minum, jam tangan dan penjepit dasi berlambang pemerintah.

Pengurangan anggaran souvenir ini merupakan salah satu langkah dalam pemotongan anggaran pemerintah hingga US$4 miliar (Rp35,5 triliun). Obama telah memberikan stafnya waktu 45 hari untuk membuat rencana pemotongan dana, yang diharapkan dapat terpenuhi pada 2013.

Tidak disebutkan berapa biaya yang dikeluarkan AS untuk membuat souvenir tersebut. Namun, salah satu staf presiden yang tidak disebutkan namanya mengatakan, anggaran untuk souvenir sangat banyak. Menurutnya, pengeluaran pajak rakyat untuk hal itu terlalu sembrono.

Kementerian-kementerian di AS juga terancam mengalami pemotongan anggaran. Obama telah memerintahkan berbagai kementerian untuk tidak melakukan perjalanan atau menghadiri konferensi yang tidak penting.

Selain itu, Obama juga mengimbau pembatasan penggunaan kendaraan dinas di Washington. Berbagai lembar informasi, imbaunya, juga sebaiknya tidak dicetak di atas kertas, melainkan diumumkan melalui internet saja. (umi)

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila
Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024