Reaktor Nuklir Fukushima Dibuka Kembali

Genangan air di kawasan reaktor nuklir Fukushima, Jepang.
Sumber :
  • Reuters Photo

VIVAnews - Reaktor nuklir Fukushima, akhirnya kembali dibuka bagi awak media sejak tsunami yang  mengguncang Jepang pada Maret lalu.

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

Untuk pertama kalinya, pengelola membawa awak media berkeliling menunjukkan kondisi reaktor yang secara perlahan sudah mulai stabil.
Seluruh jurnalis mengenakan seragam pelindung khusus untuk alasan keamanan,

Dilansir dari kantor berita BBC pada Sabtu 12 November 2011, sebelumnya pihak pengelola menolak memberi akses masuk bagi awak media karena khawatir tingkat radiasinya masih terlalu tinggi serta dapat menghambat operasi untuk atasi krisis.

Para awak media sempat melihat sebuah area dekat kompleks latihan sepakbola yang sekarang digunakan sebagai basis operasi pembersihan reaktor. Mereka lalu diizinkan mengambil beberapa  foto keadaan dalam reaktor.

Secara umum, awak media menggambarkan suasana dalam reaktor seperti daerah yang sudah lama tak tersentuh dan sangat berantakan.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia

Kepala Reaktor, Masao Yoshida, mengatakan bahwa keadaan yang dilihat saat ini belum ada apa-apanya dibandingkan dengan keadaan bulan Maret lalu. "Minggu pertama setelah tsunami menghantam, saya berkali-kali berpikir, ya ampun, ini buruk sekali!" kata Yoshida.

"Namun kini reaktor secara perlahan sudah kembali stabil, walau jelas keadaannya tak semudah ini bagi penduduk yang tinggal di kompleks sekitar sini," tambahnya.

Dari enam reaktor yang ada di Fukushima, empat rusak berat. Reaktor yang dikunjungi ini adalah salah satu yang rusak itu.

Viral Penampakan Minimarket Warung Madura: Tutup Kalau Sudah Kiamat
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024