ASEAN Berkomitmen Berkiprah di Isu-isu Global

Para pemimpin ASEAN di KTT ASEAN ke-19 di Bali
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews - Pertemuan kepala negara Asia Tenggara dalam KTT ASEAN ke-19 pada hari pertama, Kamis 17 November 2011, diakhiri dengan penandatanganan Bali Concord III. Dengan penandatanganan ini, komitmen ASEAN turut berkecimpung di isu-isu global menjadi semakin kuat.

"Dengan penandatanganannya, akan menggulirkan proses dimana ASEAN akan berperan dalam tingkat global," kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa di Nusa Dua, Bali.

Natalegawa mengatakan, kontribusi aktif ASEAN dalam tingkat global akan diwujudkan dalam waktu 10 tahun ke depan. ASEAN akan tampil sebagai sebagai satu kesatuan ketika menghadapi permasalahan internasional yang menjadi kekhawatiran bersama.

Dalam KTT yang dihadiri 10 kepala negara ASEAN tersebut, kata Natalegawa, dibahas juga upaya pembentukan masyarakat ASEAN, dengan tiga pilar utama sebagai landasan pembicaraan. "Selain itu dibahas juga ASEAN Connectivity, pelaksanaan piagam ASEAN," kata Natalegawa.

Pembahasan juga dilakukan seputar peranan ASEAN di kawasan Asia Timur dan Pasifik, terutama menjelang KTT Asia Timur. Natalegawa mengatakan, dalam sesi retreat para kepala negara membahas peran ASEAN secara global. "Dilakukan pertukaran pandangan perkembangan internasional," kata Natalegawa.

KTT ASEAN masih akan berlangsung besok, dengan agenda pertemuan antara ASEAN dengan negara-negara mitra wicara, di antaranya China, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Rangkaian KTT ASEAN akan ditutup pada Sabtu dengan dilaksanakannya KTT Asia Timur dengan AS dan Rusia sebagai peserta baru.   (umi)

Budi Waseso dan Kwarda Pramuka Se-Indonesia Minta Nadiem Revisi Permendikbud No 12
PlayStation 5 (PS5).

PlayStation 5 bikin Sony Semringah

Sony Indonesia memaparkan sejumlah pencapaian yang diraih PlayStation sepanjang 2023, di antaranya konsol PlayStation 5 yang terjual secara global sebanyak 54,8 juta unit

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024