BBC Kecolongan Siarkan Dokumenter Mesir

Warga Mesir di luar gedung pengadilan Hosni Mubarak
Sumber :
  • REUTERS/Amr Abdallah Dalsh

VIVAnews - Stasiun berita BBC menyiarkan sebuah video dokumenter tentang Mesir, karya sebuah perusahaan yang diklaim terkait mantan Presiden Mesir Hosni Mobarak. Video ini muncul bersamaan dengan pengakuan dari stasiun televisi tersebut bahwa ada 15 program di kanal berita internasionalnya yang tidak sesuai pedoman penyiaran.

Masalah ini dinilai merusak dan mempertaruhkan reputasi BBC. Dilansir dari Daily Mail, Rabu, 16 November 2011, ini seolah membuktikan bahwa ada program tertentu yang sengaja didanai pihak ketiga untuk menekan biaya produksi.

Tahun ini, BBC menugaskan FBC Media membuat sebuah program mengenai Mesir selama pergolakan Revolusi Arab. Namun, berdasarkan klaim di sebuah surat kabar nasional Mesir, FBC ternyata memiliki hubungan bisnis dengan Mesir dan malah mempromosikan negara tersebut sebagai negara liberal yang terbuka dan bagus dijadikan tempat berbisnis.

Program bertajuk 'Third Eye: Egypt' ini menyuarakan keprihatinan tentang kelompok politik Ikhwanul Muslimin, ditinjau dari perlakuannya terhadap wanita dan seberapa demokratis sikap mereka. Dalam program yang sama, dikupas pula dugaan keterkaitan persaudaraan muslim dengan organisasi Islam lain bentukan politikus oposisi Malaysia, karena FBC ternyata juga bermitra dengan Malaysia.

Laporan BBC memilih mengesampingkan hubungan antara FBC dan Malaysia, tanpa menyadari bahwa FBC juga terkait dengan kementerian investasi pada era Mobarak. Pada 2009, BBC melakukan penyelidikan setelah muncul konflik etrkait program tentang perdagangan karbon, Taking The Credit.

Dari situlah BBC menemukan serangkaian pelanggaran terhadap pedoman penyiaran. "Kami menemukan serangkaian program yang ada di kanal dunia BBC telah disponsori secara tak layak, dan dalam hal ini, FBC Media memiliki konflik kepentingan yang tidak diketahui oleh BBC."

"Kami sangat peduli akan hal ini, dan kami sangat menyesalkan program ini gagal memenuhi standar editorial BBC. Direktur Jenderal telah mengusahakan supaya hal ini tak terjadi lagi, dengan cara mengaudit pada tahun depan dan melaporkannya kembali pada kami," kata Richard Eyre dari Komisi Penyiaran Inggris.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024