Myanmar Dipastikan Jadi Ketua ASEAN 2014

Para pemimpin ASEAN di KTT ASEAN ke-19 di Bali
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews - Kepala negara ASEAN menyetujui rekomendasi dari para menteri luar negeri untuk menerima Myanmar sebagai ketua ASEAN pada 2014 mendatang. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa berharap, dengan menjadi ketua ASEAN, kondisi demokratisasi Myanmar akan menjadi lebih baik.

Natalegawa mengatakan para kepala negara ASEAN mengakui adanya perkembangan signifikan di Myanmar. Dibandingkan setahun yang lalu, Myanmar sekarang lebih maju, terutama dalam upaya demokratisasi.

"Kita melihat ada momentum perubahan. Momentum ini harus dipertahankan," kata Natalegawa di sela-sela KTT ASEAN di Bali, Kamis 17 November 2011.

Pemerintah Myanmar telah menunjukkan tekadnya mempertahankan perubahan tersebut. Myanmar, kata Natalegawa, telah bertekad membuat proses demokratisasi sebagai proses yang tidak bisa kembali (irreversible).

Natalegawa menjelaskan, bahwa dengan penunjukan Myanmar sebagai ketua ASEAN, maka negara-negara Asia Tenggara senantiasa mengikuti dari dekat perkembangan di Myanmar. "Dengan keputusan ini (sebagai ketua ASEAN), Myanmar akan menjadi sorotan internasional, apakah pada rentang 2011-2014 negara itu betul-betul melakukan perubahan," kata Natalegawa.

Tuntutan Gaji Ivan Toney Bikin Kapten Bruno Fernandes Kesal
Detik-detik Uskup di Gereja Sydney Ditikam Pelaku (Doc: X)

Uskup Sydney yang Ditikam Maafkan Penyerangnya: Saya Selalu Mendoakanmu

Pemimpin Gereja di Sydney Uskup Mar Mari Emmanuel menjelaskan bahwa dirinya mengalami pemulihan yang cepat, dan juga memaafkan tersangka penyerangnya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024