Arroyo Ditangkap Saat Akan ke Singapura

Presiden Gloria Arroyo dengan alat bantu penopang tubuh
Sumber :
  • REUTERS/Handout

VIVAnews - Mantan Presiden Filipina, Gloria Macapagal Arroyo ditangkap di bandara Manila saat akan pergi berobat ke  Singapura. Pemerintah menghentikan penerbangan Arroyo yang diduga untuk menghindar dari penangkapan.

Mahkamah Agung Filipina telah menegaskan melarang Arroyo dan suaminya untuk melakukan penerbangan ke Singapura, dengan surat perintah.

Presiden Benigno Aquino yang sedang berkampanye memerangi korupsi memastikan akan mengadili Arroyo untuk  bertanggung jawab dalam kasus  kecurangan dalam pemilihan umum.

Arroyo sebelumnya merencanakan akan terbang ke Singapura, Jerman, dan beberapa negara lain untuk melakukan pengobatan. "Larangan ke luar negeri merupakan tindakan tirani," kata Raul Lambino, pengacara Arroyo, seperti dikutip dari kantor berita BBC.

Arroyo masuk dalam daftar orang yang harus mendapatkan izin khusus untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

Mantan pemimpin berusia 64 tahun itu bersama suaminya, Mike Arroyo, menghadapi dua tuduhan terkait kasus kecurangan pemilu untuk memilih anggota parlemen pada 2007. Kecurangan tersebut membuat seorang calon dari pihak oposisi gagal meraih kemenangan.
 
Selain itu, Arroyo menghadapi tuduhan kecurangan pemilu presiden 2004 dan korupsi pada pemerintahannya.

Arroyo mengaku ingin pergi ke luar negeri agar bisa menjalani perawatan medis. Dia mengaku belum seratus persen pulih setelah menjalani tiga bedah medis untuk mengobati sakit pada tulang belakang di bagian tengkuk. Maka, dia harus memakai alat bantu penyangga tubuh.

Sebenarnya, Arroyo sempat pergi ke bandara internasional di Manila pada Selasa lalu begitu Mahkamah Agung memberi pengecualian atas pencekalan pemerintah. Namun, dengan menggunakan kursi roda dan alat bantu di leher, Arroyo dan suaminya tetap dicegah pihak berwenang ke luar negeri. (art)

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024