Defisit Anggaran, Warga AS Salahkan Politisi

Polisi New York menangkap seorang demonstran anti Wall Street
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVAnews - Sebagian rakyat Amerika Serikat rata-rata menyalahkan para politisi di Kongres atas kegagalan mereka membicarakan cara mengatasi defisit anggaran pemerintah yang besar. Walau sudah diberi waktu kurang lebih empat bulan, komite khusus yang dibentuk Kongres tetap saja tidak bisa bersepakat karena bersikukuh atas pandangan sendiri-sendiri.

Pandangan sebagian rakyat AS itu dirangkum dalam hasil suatu jajak pendapat yang diselenggarakan Reuters/Ipsos, yang diumumkan pada 22 November waktu setempat. "Situasi ini hanya merusak kepercayaan rakyat Amerika, baik kepada Kongres, Washington [pemerintah], dan proses politik," kata periset jajak pendapat dari Ipsos, Julia Clark.  

Sebanyak 19 persen responden menilai gagalnya komite khusus dalam mencapai kesepakatan mencari cara mengatasi defisit itu akibat berimbangnya komposisi anggota tim dari dua kubu yang berlawanan. Komite itu beranggotakan enam politisi Demokrat dan enam politisi Republik di Kongres.

Dibentuk pada Agustus lalu, tim khusus yang berjuluk "Komite Super" itu masih punya tenggat waktu hingga Rabu tengah malam, 23 November waktu setempat. Namun pada Senin kemarin, 21 November, mereka sudah menyatakan sulit untuk bersepakat dan menyajikan proposal secara tertulis. 

Jajak pendapat Reuters/Ipsos juga menunjukkan bahwa 22 persen responden juga menyalahkan politisi dari kedua partai dan juga Presiden Barack Obama atas gagalnya kesepakatan cara mengatasi defisit. Selain itu, 35 persen respoden mengaku khawati bahwa kegagalan Komite Super itu bakal menyebabkan penurunan ekonomi AS yang makin parah. 

Riset itu juga menunjukkan bahwa 18 persen responden menyalahkan politisi dari Partai Republik sebagai penyebab kegagalan. Namun 13 persen menyalahkan Obama, dan tujuh persen lagi menuding Partai Demokrat sebagai penyebab kegagalan.

Berlangsung selama 21-22 November, jajak pendapat itu melibatkan 1.331 warga AS berusia 18 tahun ke atas. Mereka meliputi 501 orang pendukung Republik dan 608 pendukung Demokrat. Tingkat margin of error sekitar kurang lebih 3,4 poin. 

Bila Komite khusus itu gagal bersepakat, berarti pemerintah AS siap-siap menghadapi pemangkasan anggaran massal sebesar US$1,2 triliun dan berlaku otomatis selama sepuluh tahun, seperti yang diatur undang-undang, yang akan dimulai pada 2013.
 

Pesan Terakhir Korban Kecelakaan Tol Cikampek KM 58 ke Ibunya: Mah Aa Mau Pulang
Suasana di Masjid Istiqlal saat menjelang salat ied Idul Fitri (ilustrasi).

Polisi Imbau Warga Datang Lebih Awal Jika Hendak Salat Id di Masjid Istiqlal

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Purnomo Condro mengimbau masyarakat untuk berangkat lebih awal jika hendak melakukan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024