TI: Selandia Baru Paling Minim Korupsi

Pemandangan Kota Auckland Selandia Baru
Sumber :
  • Reuters/Pool

VIVAnews - Selandia Baru berhasil mempertahankan statusnya sebagai negara yang paling tidak korup di dunia. Bahkan tetangga Australia itu tahun ini menjadi satu-satunya negara berperingkat teratas. 

Keberhasilan Selandia Baru itu berdasarkan survei tahunan dari lembaga internasional pemerhati masalah korupsi, Transparency International. Dalam survei yang diumumkan hari ini, Selandia Baru menempati peringkat pertama dengan skor 9,5. Menurut perhitungan TI, negara dengan skor 0 dianggap sebagai yang terkorup, sedangkan angka 10 adalah yang paling bersih. 

Tahun lalu, Selandia Baru juga menduduki peringkat teratas bersama-sama dengan Denmark dan Singapura. Mereka saat itu sama-sama memiliki skor 9,3. Namun untuk tahun ini Selandia Baru memiliki skor lebih baik, yaitu 9,5, disusul Denmark dan Finlandia (9,4), Swedia (9,3), dan Singapura (9,2).

Menurut data dari TI, sejak 2008 Selandia Baru langganan menjadi peringkat teratas dalam Corruption Perceptions Index. Bagi Selandia Baru, hasil survei itu menunjukkan pembuktian akan integritas dan kinerja semua pihak di sektor publik.

"Reputasi Selandia Baru sebagai pemerintah yang bersih merupakan pendorong bagi kemakmuran ekonomi. Namun kita jangan sampai terlena akan reputasi ini," kata Ketua Bersama Transparency International di Selandia Baru, Claire Johnstone, seperti yang dikutip laman Stuff.

Sementara itu, negara yang paling bermasalah dengan korupsi disematkan kepada Somalia dan Korea Utara. Mereka sama-sama berperingkat 182 dengan skor 1. Peringkat Indonesia sendiri tahun ini naik, dari 110 menjadi 100.  (umi)

Surya Paloh Temui Prabowo di Kertanegara, Nasdem Jadi Gabung Koalisi?
Konferensi Pers Kemnaker perihal SE THR Keagamaan 2024

Terbitkan SE THR Keagamaan 2024, Kemnaker Imbau Perusahaan Berikan THR ke Ojol dan Kurir Logistik

Kemnaker mengimbau kepada perusahaan yang bergerak di bidang ojek online (ojol) dan kurir logistik agar memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024