Umumkan Penghematan, Menteri Italia Menangis

Menteri Kesejahteraan Italia Elsa Fornero
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAnews - Mengatasi krisis ekonomi, pemerintah Italia kembali menerapkan langkah penghematan yang akan semakin membuat rakyat tercekik. Tidak kuasa mengumumkan hal ini, Menteri Kesejahteraan Italia, Elsa Fornero, menangis dalam konferensi pers.

Berdasarkan kebijakan penghematan yang baru, usia minimum pensiun bagi pekerja pria dan wanita akan meningkat menjadi 66 tahun pada 2018. Selain itu, pemerintah juga akan menerapkan penyesuaian inflasi bagi tunjangan pensiun.

"Kami harus... dan ini memberatkan kami secara mental... untuk itu kami meminta..." kata Fornero, tidak mampu meneruskan kalimatnya karena larut dalam air mata, dilansir dari Reuters, Senin 5 Desember 2011.

"Pengorbanan," ujar Perdana Menteri Mario Monti meneruskan perkataan Fornero yang tidak selesai. Untuk selanjutnya, pengumuman dilanjutkan oleh Monti.

Monti mengatakan, selain meningkatkan usia pensiun, pemerintah akan melakukan penghematan sebesar 30 miliar euro dan meningkatkan pajak demi mengatasi krisis Italia. Selain itu, langkah ini juga dimaksudkan untuk memperoleh kembali kepercayaan negara-negara di zona euro.

Paket penghematan ini dibagi dua, 20 miliar euro untuk penghematan anggaran tahun 2012-2014 dan 10 miliar euro untuk mendorong perekonomian. Monti mengatakan, langkah ini memang menyakitkan, tapi diperlukan bagi Italia.

"Kita harus berbagi pengorbanan, kita akan membaginya secara adil," kata Monti. Dia sendiri mengaku telah berkorban dengan tidak menerima gaji sebagai Perdana Menteri dan Menteri Ekonomi kala itu.

Utang Italia mencapai 120 persen dari GDP, menjadikan negara ini sebagai pusat krisis Eropa. Paket penghematan adalah langkah vital untuk mengembalikan kredibilitas Italia di pasar finansial, terutama terhadap Uni Eropa. (umi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi
Tamara Bleszynski

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Tamara Bleszynski mengungkap anaknya tersebut ditabrak orang tak bertanggung jawab tepat di depan rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024