Gubernur Korup Divonis 14 Tahun Penjara

Mantan Gubernur Illinois Rod Blagojevich
Sumber :
  • REUTERS/John Gress

VIVAnews - Mantan Gubernur Illinois di Amerika Serikat, Rod Blagojevich, divonis penjara selama 14 tahun. Dia bersalah atas kasus korupsi berupa menjual jabatan Senator mewakili negara bagian Illinois yang ditinggalkan Barack Obama, yang sejak 2009 lalu menjadi Presiden AS.

Menurut kantor berita Reuters, vonis atas Blagojevich dijatuhkan pengadilan di Kota Chicago, Illinois, Rabu waktu setempat. Selain dipenjara, Blagojevich juga wajib membayar denda US$20.000, sekitar Rp180,9 juta.

Terpidana itu harus menjalani 85 persen dari total masa tahanan, atau selama 12 tahun, sebelum diperbolehkan bebas sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Blagojevich, yang Sabtu esok genap berusia 55 tahun, dinyatakan bersalah atas dakwaan korupsi politik.

Kepada Hakim James Zagel, Blagojevich menyatakan sangat menyesal atas kesalahan yang telah diperbuatnya. "Saya di sini sebagai terpidana. Juri memutuskan saya bersalah, saya terima itu. Saya menyadari dan tentu sangat menyesal," kata Blagojevich.  

Hakim menerima penyesalan itu, namun juga mengatakan bahwa pernyataan terpidana "sudah terlambat." Semasa sidang, tim penuntut menyajikan bukti bahwa terpidana berupaya menggalang dana sebesar US$1,5 juta dari para pendukung anggota DPR Jesse Jackson Jr. dengan menawarkannya kursi Senator yang ditinggalkan Obama, yang saat itu sudah berkonsentrasi sebagai kandidat presiden pada pemilu 2008.

Blagojevich, menurut penuntut, juga berupaya menjual posisi Senator Valerie Jarrett, yang kini menjadi staf Gedung Putih, dengan imbalan jabatan menteri atau posisi penting di Washington. Dia pun bersalah berupaya menjual sejumlah kebijakan penting selama jadi gubernur.   

Dia sudah dua kali diadili. Pertama pada Agustus 2010 saat bersalah atas salah satu tuduhan berbohong kepada tim penyelidik. Pada pengadilan tahun ini, Blagojevich bersalah atas 17 dari 20 dakwaan.

Dia harus masuk penjara pada 16 Februari 2012. Dengan demikian sudah dua gubernur Illinois yang dipenjara terkait kasus korupsi. Sebelumnya adalah George Ryan, gubernur yang digantikan oleh Blagojevich. (eh)
 


 

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024