Pemindahan Arroyo Terkendala Cuaca Buruk

mantan presiden filipina gloria macapagal arroyo
Sumber :
  • REUTERS/Handout

VIVAnews - Mantan presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo sedianya akan pindah dari rumah sakit St. Luke ke rumah sakit Veteran milik pemerintah hari ini. Namun nampaknya rencana akan sedikit mengalami penundaan akibat guyuran hujan deras sejak semalam.

"Konvoi untuk pemindahan Arroyo sudah siap. Kami hanya tinggal menunggu hujannya reda," kata Miguel Laurel, deputi direktur regional kepolisian Metro Manila, seperti dimuat harian Philippine Star, Jumat 9 Desember 2011. Laurel tidak mengkonfirmasi rute mana yang akan dilalui untuk pemindahan Arroyo serta moda transportasi apa yang akan digunakan.

Sebelumnya, tim keamanan sempat terpikir untuk memindahkan Arroyo lewat udara menggunakan helikopter ambulans atas alasan keamanan. "Jika cuaca mendukung, mungkin kami akan lewat udara. Apalagi pengaturannya juga relatif lebih mudah," kata Menteri Dalam Negeri Jesse Robredo.

Jalan darat menjadi opsi kedua karena kondisi lalu lintas jalan yang akan dilalui seringkali tak terduga. Selain itu, Arroyo juga diketahui memiliki trauma naik helikopter dan cuaca buruk, sehingga jalan darat dipilih sebagai alternatif.

"Klien saya pernah mengalami kecelakaan helikopter sebelumnya, sehingga ia jadi takut naik helikopter. Ia juga memiliki trauma terhadap cuaca buruk. Tentu saja, keamanannya adalah prioritas utama," kata pengacara Arroyo, Lawrence Arroyo.

Saat dipindah, mantan presiden Flipina yang tersandung kasus kecurangan pemilu dan korupsi ini tak sendirian. Ia akan ditemani suaminya serta dokter dan perawat pribadi dari Kepolisian Nasional Filipina.

Sementara itu, sedikitnya 50 orang pendukung Arroyo berkumpul di luar rumah sakit St. Luke untuk mengantar kepergiannya sekaligus menunjukkan solidaritas. Seperti dilansir Phlippine Daily Inquirer, para pendukung yang membawa spanduk dan plakat ini ditahan oleh pasukan anti huru-hara dan polisi di depan rumah sakit. (umi)

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks
Zodiak Leo

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ramalan zodiak Jumat, 26 April 2024. Taurus, waspadai rekan kerja. Leo mendapat tekanan mental. Urusan percintaan Libra bermasalah. Sagitarius mendapat kejutan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024