Pesta Miras Oplosan, 102 Orang Tewas

Keluarga salah satu korban tewas akibat miras oplosan di India
Sumber :
  • REUTERS/Rupak De Chowdhuri

VIVAnews - Minuman keras ilegal oplosan menyebabkan 102 orang tewas dan puluhan lainnya harus dirawat di rumah sakit di Sangrampur, India. Polisi telah menangkap empat orang yang diduga terkait dengan produksi minuman oplosan ini.

Menurut hakim distrik Narayan Swarup Nigam, para korban yang merupakan buruh dan pekerja miskin ini langsung ambruk setelah menengak minuman keras yang dicampur metanol beracun pada Selasa lalu. Dilansir dari harian Wall Street Journal, Kamis 15 Desember 2011, metanol ini biasanya digunakan untuk bahan bakar, pelarut, dan bahan anti beku.

Tragedi bermula saat kumpulan pekerja miskin yang baru selesai bertugas membeli miras murah seharga 10 rupee (Rp1.687) per setengah liter, atau jauh lebih murah daripada miras legal. Mereka minum-minum sepanjang rel kereta api sebelum mulai muntah-muntah, sakit kepala hebat, dan mulut berbusa.

"Sedih rasanya kejadian seperti ini terjadi. Kenapa polisi tak bisa mencegahnya, saya tak mengerti," keluh Anwar Hasan Mullah. Ia adalah salah satu warga yang turut membawa enam korban, yang semuanya tewas, ke rumah sakit.

Hingga Kamis pagi, jumlah korban tewas sudah menyentuh angka 102 orang dan puluhan korban lainnya masih dirawat. Menteri negara bagian Bengali Barat, Mamata Banerjee, berjanji akan mengusut kasus ini.

"Saya ingin memberlakukan tindakan tegas terkait produksi dan penjualan miras ilegal. Namun masalah ini juga merupakan masalah sosial, sehingga harus dihadapi dengan aksi yang layak dari masyarakat juga," ujarnya.

Aksi keracunan massal ini menyebabkan massa yang marah menyerbu toko yang menjual miras tersebut. Tiap tahun, terjadi kasus keracunan miras ilegal di India. Tahun 2009, setidaknya 112 tewas akibat keracunan.

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan
Vicky Prasetyo

Ulang Tahun ke-40, Vicky Prasetyo Ungkap Harapan Ingin Segera Menikah

Belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, Vicky Prasetyo telah mempersiapkan diri untuk berumah tangga dengan sebaik-baiknya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024