Liburan Natal, Obama Habiskan US$4 Juta

Obama Mengikuti "Natal di Washington"
Sumber :
  • REUTERS/Yuri Gripas

VIVAnews - Kabar mengejutkan datang dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Pada pergantian tahun 2011 menuju 2012, Obama bersama keluarganya berencana menghabiskan waktu liburan di Hawaii. Liburan Obama kali ini menelan biaya termahal selama dirinya menjabat sebagai Presiden, bahkan sebagian besar dana ini berasal dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat.

Namun, pada liburan kali ini, Obama akan melakukan perjalanan secara terpisah dengan keluarganya. Pasalnya, dia harus menyelesaikan masalah pemotongan pajak penghasikan sebelum meninggalkan Washington DC.

Ibu Negara Michelle Obama, seperti dikutip dari laman dailymail.co.uk, Senin, 19 Desember 2011 rencananya berangkat bersama kedua anaknya akhir pekan ini dalam penerbangan dengan harga tambahan US$100.00 dan secara keseluruhan jumlah dana perjalanan tersebut yakni US$3.271.611.

Biaya perjalanan mereka menjadi bertambah sejak Michelle memutuskan membawa kedua anaknya Sasha dan Malia lebih dulu. Sementara suaminya,  berjuang menyelamat perekonomian AS. Biaya terbesar yang harus dikeluarkan keluarga Obama dalam liburan kali ini, menurut reporter Hawaii, yakni pada biaya penerbangan yang totalnya mencapai lebih dari US$4 juta.

Angkatan Udara AS menghitung biaya pengoperasian pesawat Air Force One adalah sekitar US$181.757 per jam. Sedangkan perjalanan dari Washington DC menuju Hawaii kurang lebih selama sembilan jam, ini artinya perjalanan tersebut akan menelan biaya sekitar US$3.271.611 untuk berangkat dan kembali ke DC.

Belum lagi biaya untuk pesawat C-17 USAF kargo yang digunakan untuk membawa mobil limusin Presiden, helikopter dan peralatan lainnya. Menurut laporan GAO, biaya operasional pesawat ini dari Andrews Air Force Base dan Hawaii diperkirakan sebesar US$12.000 per jam.

Selama Obama liburan, empat dari enam anggota korps marinir juga akan memberi pengamanan ekstra. Mereka akan menjalani perjalanan secara terpisah yang menelan pembiayaan hingga US$258.000, belum termasuk hotel mereka.

Obama dan keluarga akan menempati pantai pribadi di Kailua, Oahu, selama liburan, dengan biaya US$3.500 per hari atau US$75.000 per bulan. Perkiraan biaya untuk perjalanan selama 17 hari di Hawaii diperkirakan sebesar US$4.113.038.

Juru bicara Gedung Putih mengatakan kepada reporter Hawaii, biaya tersebut sama dengan biaya liburan Presiden lainnya. Namun, dengan adanya kabar kematian pemimpin Korea Utara Kim Il Jong, tampaknya Obama cenderung akan menunda perjalanan liburannya. Sementara, Michelle Obama dan anak-anak mereka berangkat akhir pekan ini. (adi)

Land Rover Indonesia Hadirkan Defender Gallery di Senayan City
Ria Ricis dan Moana

Ria Ricis Lebaran Bareng Anak, Teuku Ryan Malah Pulang Kampung

Di Hari Raya Idul Fitri ini, Ria Ricis mengunggah foto sungkeman dengan sang putri, Moana.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024