Jasad Kim Jong-il Disemayamkan di Kotak Kaca

Jasad Kim Jong-il dalam keranda kaca
Sumber :
  • REUTERS/KRT via REUTERS TV

VIVAnews - Jasad pemimpin Korea Utara Kim Jong-il sudah ditempatkan di rumah duka di Kumsusan Memorial Palace, di Ibukota Pyongyang. Rencananya, dia akan dikebumikan pada 28 Desember mendatang, sehari sebelum berakhirnya masa berkabung nasional.

Seperti ditayangkan stasiun televisi Korut KRT, Selasa, 20 Desember 2011, jasad Jong-il diletakkan di tengah aula di dalam sebuah kotak kaca. Diselimuti sebagian tubuhnya dengan kain merah, Jong-il mengenakan pakaian kebesarannya, safari khas Korea Utara.

Kotak kaca itu dihiasi ratusan bunga mawar merah dan putih. Tidak ada yang mendekat tanpa izin, baik pejabat maupun wartawan Korut. Tidak satupun jurnalis dan tamu asing yang diperbolehkan datang. Kantor berita KCNA, sebagaimana dilansir oleh Reuters, menuliskan bahwa Kim Jong-un datang untuk memberikan penghormatan pada mendiang ayahnya.

"Kim Jong-un, bersama dengan pejabat tinggi partai, pejabat pemerintah dan tentara mengunjungi peti jenazah Kim Jong-il untuk menyampaikan duka cita mendalam dengan kesedihan yang amat sangat," tulis KCNA.

Korut berada dalam situasi berduka hingga tanggal 29 Desember mendatang. Rencananya, dia akan dikebumikan pada 28 Desember di Kumsusan. Di tempat ini pula jasad ayahnya, Kim Il-sung, dibalsem.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Tidak ada delegasi asing yang diundang ke upacara pemakaman nanti. Hingga saat ini, Korut sangat tertutup bagi dunia luar. Tidak ada yang boleh keluar masuk negara tersebut. (kd)

ilustrasi kelopak mata

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Pakai lensa kontak dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna seperti lebih ringan dan jarak pandang lebih luas.  Namun pemilihan lensa kontak yang salah bisa iritasi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024