Suami Ratu Inggris Sukses Jalani Operasi

Pangeran Philip
Sumber :
  • REUTERS/Paul Edwards

VIVAnews - Suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip, dikabarkan sukses menjalani operasi akibat penyumbatan di arteri koronernya. Tapi saat ini Philip masih menjalani perawatan di Rumah Sakit untuk observasi lanjutan.

Seperti dikutip dari The Guardian, The Duke of Edinburgh yang kini berusia 90 tahun masih menjalani sejumlah pemeriksaan di unit khusus cardiothoracic, Rumah Sakit Papworth, Cambrige. Sebelumnya, Philip dilarikan ke Rumah Sakit dengan menggunakan helikopter dari Sandringham Estate, karena mengeluh nyeri dada saat merayakan natal bersama keluarga.

"Duke of Edinburgh diketahui mengalami sumbatan di arteri koroner yang menyebabkan sesak di dadanya. Operasi telah dilakukan secara sukses dengan prosedur stenting (memasang cincin) koroner secara aman," ucap Juru Bicara Istana.

Pangeran Philip pun diperkirakan akan merayakan natal di Rumah Sakit. Sejumlah keluarga kerajaan juga sepertinya akan datang mengunjungi Philip di Rumah Sakit.

Seperti dikutip dari CNN, di usia yang ke-90 pada Juni lalu, Istana menyebut beban kerja Pangeran Philip memang sudah dikurangi. Dalam wawancara kepada BBC, Philip pun mengatakan bebannya yang berkurang membuatnya ingin menikmati sisa usianya.

Philip menikah dengan Elizabeth pada 20 November 1947 di Westminster Abbey, dan menjadi pendamping Raja/Ratu Inggris terlama sepanjang sejarah kerajaan. Sejauh ini, Philip pun telah melakukan 5.000 pidato publik selama mengabdikan diri untuk Kerajaan Inggris.

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online
Menlu China Wang Yi dalam pidato kebijakan regional China di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin 11 Juli 2022.

Di Tengah Konflik Perang, Tiongkok Dukung Upaya Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, pada hari Kamis 18 April 2024 mengatakan negaranya mendukung upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024