Rakyat Korut Ratapi Pemakaman Kim Jong-il

Warga Korea Utara menangisi kematian Kim Jong-il
Sumber :
  • REUTERS/ Kyodo

VIVAnews - Prosesi pemakaman pemimpin Korea Utara Kim Jong-il sudah dimulai di Pyongyang hari ini. Aura misterius menyelimuti detail prosesi pemakaman yang dilangsungkan di Taman Makam Kumsusan.

Dilansir dari CBS News Rabu 28 Desember 2011, media Korut hanya memberikan lokasi prosesi namun tidak memberikan detail lain, termasuk waktu pelaksanaan. Bahkan, prosesi pun tidak disiarkan secara langsung oleh media Korut.

Sebelum prosesi dimulai, jenazah Kim Jong-il rencananya akan diarak di jalanan kota Pyongyang. Ribuan rakyat tampak memenuhi jalanan Pyongyang, meratapi kepergian pemimpin mereka yang kini terbaring kaku dalam peti kaca yang dikelilingi bunga merah.

Kerahasiaan detail pemakaman terasa karena pemerintah Korut juga melarang para perwakilan asing untuk hadir dalam prosesi.

Daftar hadir bahkan juga sudah disiapkan untuk memastikan para tamu-tamu itu.

Meskipun diselimuti rahasia, namun suasana haru begitu terasa terutama di Pyongyang. Menurut para diplomat asing, sejak pagi salju turun dengan deras di Pyongyang seolah mengantar kepergian Kim Jong-il.

Masa berkabung di Korut masih akan berlangsung hingga besok. Para warga Korut yang tinggal di luar negeri juga memutuskan untuk pulang guna menghadiri upacara pemakaman Kim Jong-Il. (umi)

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok

Polda Metro Jaya mengklaim masih mengusut kasus lima oknum polisi diduga pesta narkoba. Dengan begitu, bakal dilakukan pengusutan perihal dugaan pelanggaran etik serta pi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024