Kim Jong-il dan Air Mata di Jalanan Pyongyang

Jenazah Kim Jong-il disemayamkan di Pyongyang
Sumber :
  • REUTERS/ Kyodo

VIVAnews - Prosesi pemakaman Kim Jong-il dilakukan, Rabu 28 Desember 2011. Salju yang jatuh di jalanan Pyongyang mengiringi kepergian jasad pemimpin pujaan rakyat Korea Utara itu.

Kantor berita Reuters melaporkan, dari gambar yang ditayangkan televisi Korut, iring-iringan pemakaman itu diawali oleh mobil limousine yang membawa foto raksasa pria berusia 69 tahun itu.

Di sepanjang jalanan, tentara-tentara Korut berdiri, berjajar, dan menundukkan kepala untuk menghormati Jong-il yang meninggal 17 Desember yang lalu. Rakyat Korut juga memadati jalanan Pyongyang ini. Mereka meratap dan menangisi kepergian Jong-il.

Dalam iring-iringan itu, tampak kereta jenazah yang membawa peti mati Kim Jong-il. Kim Jong-un, anak bungsu Jong-il yang diplot sebagai pengganti, tampak memimpin iring-iringan itu sambil menangis. Dia ditemani sang paman sekaligus tokoh berpengaruh dalam pergantian kekuasaan Korut Jang Song-thaek, serta pimpinan staf militer Korut Ri Yong-ho.

Tak ada tampilan lengkap terkait prosesi pemakaman Jong-il ini. Satu-satunya televisi Korut juga tak menayangkan upacara pemakaman ini secara langsung sebagaimana prosesi pemakaman pimpinan negara lainnya.

Meski demikian, laman The Telegraph menuliskan beberapa pejabat asing tampak hadir. Mereka diminta berkumpul di sebuah stadion olah raga pada Rabu pagi. Mereka kemudian dijemput dan diantar ke Kumsusan Memorial Palace melalui Pyongyang untuk prosesi pemakaman itu. (umi)

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir
Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film produksi MD Pictures berjudul Badarawuhi di Desa Penari akan segera tayang di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024