VIDEO: Prosesi Pemakaman Kim Jong-il

Jasad Kim Jong-il dalam keranda kaca
Sumber :
  • REUTERS/KRT via REUTERS TV

VIVAnews - Korea Utara menjalani prosesi pemakaman Kim Jong-il, Rabu 28 Desember 2011. Dalam prosesi dua hari itu, jasad Jong-il dibawa dalam iring-iringan ke pelosok Kota Pyongyang.

Iring-iringan jasad Jong-il di jalanan Pyongyang ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan rakyat Korut memberikan penghormatan terakhir bagi mendiang pemimpin mereka.

Tampak ribuan orang berada di kompleks Istana Kumsusan, tempat jasad Jong-il disemayamkan. Bahkan, mereka juga memadati jalanan Pyongyang yang dilewati iring-iringan ini. Semua orang tertunduk, meratap, dan menangisi kepergian sang 'dear leader'.

Pada Kamis besok, jasad Kim Jong-il yang sudah diawetkan itu akan dibaringkan di Istana Kumsusan, tempat dimana pimpinan Korut terdahulu Kim Il-sung dibaringkan. Pembaringan jasad Kim Jong-il ini akan dilakukan dengan upacara kenegaraan yang dipimpin oleh sang putra mahkota, Kim Jong-un.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Lihat video prosesi pemakaman Kim-Jong-il di tautan ini. (umi)

Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024