Mer-C: Dokter Korban Somalia Belum Pasti WNI

Salah satu korban penembakan di Mogadishu, Somalia
Sumber :
  • REUTERS/Feisal Omar

VIVAnews - Medical Emergency Rescue Committe atau Mer-C mendapat kabar bahwa ada penembakan di Mogadishu, Somalia. Kabar yang didapat tim Mer-C, dokter yang tertembak itu bukan relawan melainkan pekerja.

"Informasi dari rekan relawan kami di Somalia, memang ada penembakan di Mogadishu. Tetapi para korban itu adalah pekerja di NGO (LSM)," kata Presidium Mer-C, Dokter Joserizal Jurnalis dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Jumat 30 Desember 2011.

Mer-C sendiri sudah mengirim tim ke Somalia. Lokasi tim dokter Mer-C jauh dari Mogadishu, tepatnya daerah perbatasan Dadap, Somalia. Tim Mer-C berada di lokasi perbatasan yang penuh dengan pengungsi itu selama dua minggu.

"Korban yang tertembak itu informasinya bekerja di NGO bernama MSF. Korban merupakan dokter yang dibayar dengan pantas. Kami sudah dapat info itu," kata Joserizal.

Hingga kini, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene dan Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu, Tatang Budie Utama Razak, belum bisa dihubungi. Belum ada konfirmasi dari Kementerian Luar Negeri atas dugaan tewasnya dokter yang juga warga negara Indonesia di Somalia.

"Tapi saya belum dapat kepastian itu WNI atau bukan, karena belum melihat jasadnya," ujar Joserizal.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Kabar tewasnya dokter asal WNI ini dilansir kantor berita Al-Jazeera, 29 Desember 2011. Salah satu korban tewas dilaporkan merupakan dokter asal Indonesia, sementara satu korban lagi adalah warga negara Prancis.

Penembakan terjadi di kantor Medecins Sans Frontieres (MSF) cabang Mogadishu, Somalia, kemarin. Polisi menyatakan, pelaku penembakan adalah mantan karyawan MSF. Ia kini telah ditangkap.

Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024