Kerusuhan di Penjara Meksiko, 31 Napi Tewas

Korban kerusuhan di penjara Meksiko
Sumber :
  • REUTERS/Daniel Becerril

VIVAnews - Bentrokan antara dua kubu terjadi di sebuah penjara di utara Meksiko. Sebanyak 31 narapidana tewas, belasan lainnya terluka.

Seperti diberitakan Reuters, Kamis, 5 Januari 2012, dua kubu yang bertikai adalah anggota kartel obat bius dan para kriminal di penjara yang padat di kota Altamira, negara bagian Tamaulipas. Sebanyak 31 orang tewas dan 13 lainnya terluka.

Menurut juru bicara pemerintahan Tamaulipas, napi yang bentrok menggunakan pisau dan senjata lainnya yang mereka buat sendiri dari berbagai perangkat makan. Bentrokan terjadi pada tengah hari dan berhasil dihentikan beberapa jam kemudian.

Penjara di Altamira ini memang rawan bentrokan. Hal ini dikarenakan banyaknya narapidana yang terdiri dari berbagai kartel obat bius. Kelompok-kelompok ini kerap bersaing dalam memperebutkan pasar obat bius di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko.

Negara bagian Tamaulipas juga bak medan perang. Kartel obat bius Zetas kerap terlibat bentrokan berdarah dengan kelompok Kartel Teluk. Awalnya, kedua kelompok ini adalah satu kesatuan, namun belakangan pecah.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Di Meksiko, kekerasan di penjara sering terjadi. Sebelumnya, Oktober tahun lalu, 20 orang tewas pada bentrokan di penjara lainnya di Tamaulipas. Juli, 17 napi tewas di penjara kota Ciudad Juarez, kota paling mematikan di Meksiko.

Lebih dari 46.000 orang tewas tahun lalu di Meksiko setelah Presiden Felipe Calderon mengumumkan perang terhadap para kartel. Yang sering menjadi korban adalah warga sipil dan para wartawan yang meliput di wilayah konflik. (hp).

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024