Antisipasi Banjir, Belanda Evakuasi Warga

banjir di Colombia
Sumber :
  • REUTERS/Jaime Saldarriaga

VIVAnews - Pemerintah Belanda mengevakuasi sekitar 100 orang warga pada Kamis, 5 Januari 2012, menyusul kekhawatiran meluapnya tanggul akibat hujan deras. Jika meluap, ratusan hektar lahan pertanian beresiko terendam banjir.

Seperti diberitakan Reuters, tanggul yang terancam meluap, atau bahkan jebol, terletak di bagian utara provinsi Groningen, dekat kota Tolbert. Tanggul digunakan untuk melindungi pertanian seluas 200 hektar yang terletak di dataran rendah.

"Sepertinya tanggul akan meluap pagi ini dan ada kemungkinan kecil jebol," kata Peter Rehwinkel, Kepala Keamanan Wilayah Groningen.

Media di Belanda melaporkan bahwa beberapa wilayah sudah digenangi air akibat hujan lebat. Curah hujan yang tidak menentu diprediksi dapat memperluas radius banjir. Kementerian Infrastruktur sebelumnya telah memperingatkan peningkatan volume air di wilayah pantai.

Sementara itu, pompa air di wilayah utara Belanda terus bekerja menyalurkan banjir ke sungai atau ke tempat penampungan air. Seiring dengan meningkatnya volume air dari sistem kanal di sekitar tanggul, pemerintah akhirnya mengeluarkan perintah evakuasi.

Beberapa warga masih berada di lahan mereka, berusaha membawa serta binatang ternak. Wilayah utara telah disegel pemerintah, tentara siaga di lokasi tersebut. (eh)

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024