Maritim Akan Jadi Isu Utama ASEAN 2012

Michael Tene
Sumber :
  • VIVAnews / Dokumentasi Kementrian Luar Negeri RI

VIVAnews - Kerjasama maritim akan menjadi isu utama yang mendapat perhatian para Menteri Luar Negeri negara anggota ASEAN. Isu ini akan dibahas dalam pertemuan menlu ASEAN yang akan diselenggarakan 10-12 Januari mendatang di Siem Penh, Kamboja.

"Dalam pertemuan, kami akan membahas berbagai isu kawasan dan isu nasional. Termasuk isu yang sedang menjadi perhatian saat ini, yaitu kerjasama maritim," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Michael Tene di Jakarta, Jumat 6 Januari 2012.

Tene mengatakan, isu maritim di ASEAN sebenarnya menjadi tanggung jawab Forum Maritim ASEAN. Namun dalam agenda pertemuan yang merupakan pertemuan formal ini, akan dibahas mengenai peningkatan kerjasama maritim secara lebih komprehensif.

Ke depannya, kerjasama maritim ini diharapkan dapat menjadi perekat dan fokus kerjasama antar negara ASEAN. "Kami menghadapi banyak tantangan, dan kami menginginkan tantangan ini bisa berubah menjadi peluang," ujar Tene.

Pertemuan tingkat Menlu ASEAN nanti adalah pertemuan pertama yang diselenggarakan sejak Kamboja menjadi Ketua ASEAN November lalu. Pada KTT ASEAN di Bali, Indonesia resmi mengakhiri masanya sebagai ketua. (eh)

Sekjen PDIP Koreksi Otto Hasibuan soal Permohonan Megawati sebagai Amicus Curiae di MK
Gokar listrik

Gokar Listrik Hadir di Indonesia, Lengkap dengan Sirkuit

Gokar menjadi salah satu kendaraan yang banyak disukai para penggemar otomotif.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024