FOTO: Bom Usai Vonis Bebas Anwar Ibrahim

Ledakan bom di Malaysia
Sumber :
  • REUTERS/ Bazuki Muhammad

VIVAnews - Tiga ledakan terjadi di Kompleks Pengadilan Tinggi Malaysia usai pembacaan vonis bebas pimpinan oposisi, Anwar Ibrahim, dalam kasus tuduhan sodomi. Ledakan itu membuat mantan wakil perdana menteri itu batal berpidato di Masjid Wilayah, Senin 9 Januari 2012.

Seperti dikutip dari laman The Star, total ada tiga ledakan yang terjadi di sekitar kompleks Pengadilan Kuala Lumpur. Lima orang menjadi korban. Mereka menderita luka-luka akibat ledakan itu. Para korban menjalani rawat jalan di Rumah Sakit Kuala Lumpur.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Selain menyebabkan korban luka, ledakan ini juga menyebabkan kerusakan sejumlah kendaraan. Menurut polisi setempat, ketiga ledakan itu berasal dari bom rakitan rumah, yang dilengkapi dengan timer. Baterai dan kabel juga ditemukan di lokasi kejadian.

Ledakan pertama terjadi pada pukul 10.20 waktu setempat, di Jalan Khidmat Usaha, sekitar 300 meter dari pengadilan.  Ledakan kedua terjadi pada pukul 10.45 waktu setempat di Jalan Dutamas, hanya berjarak sekitar 100 meter dari ledakan pertama.

Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah

Ledakan ketiga, terang Mohamad, terjadi sepuluh menit kemudian pada pukul 10.55 waktu setempat. Ledakan berajarak 150 meter dari salah satu pintu pengadilan.

Tidak ada CCTV yang merekam ketiga ledakan tersebut. Petugas forensik dan kepolisian telah menyisir tempat kejadian untuk mencari bukti, sekaligus mengantisipasi adanya bom lain yang mungkin belum sempat meledak.

Saat bom meledak, diperkirakan lebih dari 4.500 orang sedang memadati lokasi-lokasi tersebut. Mereka adalah massa pendukung Anwar Ibrahim yang berdemonstrasi di luar pengadilan, sekaligus memantau persidangan Anwar sejak pagi tadi.

Saksi Ungkap SYL Setoran Uang Bulanan ke Istri Hingga Puluhan Juta

Lihat foto akibat ledakan itu di tautan ini.

Nurul Ghufron diperiksa Dewas KPK

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, Ada Apa?

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron melaporkan salah satu Anggota Dewas KPK, Albertina Ho ke Dewan Pengawas KPK. Ghufron melaporkan anggota Dewas KPK terkait dugaan penyalahgu

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024