Siapa Neo-Nazi Penyerang WNI di Berlin

gelar barang bukti neo nazi di jerman
Sumber :
  • REUTERS/Police handout

VIVAnews - Lagi-lagi kelompok neo-Nazi melakukan kejahatan rasial. Kini, yang menjadi korban mereka adalah seorang pemuda Indonesia yang berada di Berlin, Jerman.

Laman berita Iran, IRNA melaporkan pria Indonesia yang tak disebutkan namanya itu berusia 23 tahun. Dia terluka parah setelah dianiaya kelompok ini. Lantas, siapa kelompok neo-Nazi itu?

Neo-Nazi adalah kelompok yang ingin menghidupkan kembali ideologi Nazisme pasca Perang Dunia II. Kelompok-kelompok neo-Nazi memiliki ide yang berbeda, namun biasanya mereka memiliki kesamaan mengusung kesetiaan pada dedengkot Nazi, Adolf Hitler.

Neo-Nazi biasanya menggunakan lambang-lambang Nazi Jerman, seperti swastika, Sig Rune, dan warna-warna merah-putih-hitam. Neo-Nazisme juga menggunakan doktrin-doktrin Nazi seperti nasionalis militan, fasisme, rasisme, xenophobia, homophobia dan anti semitisme.

Neo-Nazi tak hanya berkembang di Jerman sebagai negara berdirinya paham Nazi pimpinan Adolf Hitler. Paham neo-Nazime telah menyebar ke sejumlah negara, baik yang berada di Eropa, Amerika, hingga Asia. Tak hanya pandangan politik dan ekonomi, neo-Nazi juga berkembang ke ranah lainnya seperti karya seni.

Aktivitas neo-Nazi telah muncul sebagai fenomena global secara terorganisir di banyak negara. Banyak negara di Eropa dan Amerika Latin yang memiliki undang-undang pelarangan ekspresi neo-Nazi.

Kelompok ini paling sering melakukan kejahatan rasis di Jerman. Pada pertengahan November 2011 yang lalu, polisi Jerman membongkar rencana serangan mereka. Saat itu, polisi menemukan 88 target serangan neo-Nazi, termasuk nama anggota parlemen, perwakilan Turki dan kelompok Islam.

Data itu didapat polisi saat melakukan investigasi terhadap kelompok yang disebut dengan National Socialist Underground (NSU). Kelompok ini diduga melakukan serangan teror selama 2000 hingga 2004 di Cologne and Düsseldorf. Jumlah 88 target itu disebut-sebut terkait dengan huruf alfabet HH atau Heil Hitler. (umi)

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Pada masa mengemban gelar sebagai Putri Indonesia, Angelina Sondakh sangat dekat dengan Mooryati Soedibyo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024