Gempa 6,6 SR Guncang Antartika

Gunung es di Antartika mencair
Sumber :
  • Corbis

VIVAnews - Gempa berkekuatan 6,6 pada Skala Richter mengguncang wilayah Antartika pada Minggu waktu setempat. Menurut laporan Badan Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berpotensi menimbulkan tsunami.

Seperti diberitakan CNN, USGS melaporkan gempa berpusat di perairan sebelah selatan Amerika Selatan, sekitar 539 km sebelah barat Pulau Coronation dan 624 km timur laut Stasiun Palmer di Antartika.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Gempa terjadi pada pukul 9.40 waktu setempat di kedalaman sembilan km di bawah permukaan laut. Setelah gempa, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan pernyataan bahwa gempa berpotensi menimbulkan tsunami, namun kecil.

Tsunami yang akan tercipta dilaporkan tidak akan menimbulkan ancaman apapun, namun pemerintah setempat diminta tetap waspada.

"Ada kemungkinan kecil tsunami lokal dan regional yang berdampak pada pesisir dalam radius ratusan kilometer dari pusat gempa. Petugas di dekat pantai agar waspada terhadap kemungkinan ini," tulis peringatan Pusat Tsunami Pasifik.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024