Kapten Concordia: "Saya Jatuh ke Sekoci"

Kapal Costa Concordia yang kandas di pesisir barat Italia
Sumber :
  • REUTERS/ Max Rossi

VIVAnews – Kapten Kapal Costa Concordia menghadapi tuduhan serius. Selain dituding menjadi biang kerok karamnya kapal pesiar mewah itu, Francesco Schettino juga diduga mengabaikan ribuan penumpangnya yang berjuang menyelamatkan diri.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Alih-alih membantu para penumpang kapal, ia justru ditemukan telah lebih dulu berada di sekoci penyelamat. Laporan terbaru CBS News menyatakan, Kapten Kapal mengaku tersandung, dan tak sengaja terjatuh ke dalam sekoci penyelamat.

“Saya mencoba membantu orang-orang masuk ke dalam sekoci penyelamat satu-persatu. Namun karena kapal miring pada sudut 60-70 derajat, saya tersandung dan ikut jatuh ke dalam sekoci penyelamat,” kata Schettino seperti dilansir CBS News mengutip dari La Republica, 18 Januari 2012.

Schettino langsung ditahan oleh kepolisian Italia tak lama setelah kecelakaan kapal terjadi. Ia pun diinterogasi selama tiga jam. Hakim kemudian memerintahkan Schettino menjadi tahanan rumah. Media-media Italia melaporkan, Schettino kini telah kembali ke rumahnya di dekat Naples, Italia.

Schettino menghadapi ancaman 12 tahun penjara apabila terbukti mengabaikan tanggung jawabnya untuk melindungi para penumpangnya. Pengacara Schettino, Bruno Leporatti, dalam konferensi pers di Grosetto mengatakan, kliennya menerima status tahanan rumah karena tak ada indikasi ia berusaha melarikan diri.

Leporatti juga mengatakan, sesungguhnya Schettino mengkoordinasikan evakuasi dari pantai setelah meninggalkan Kapal Costa Concordia. Apapun, hal itu masih harus dibuktikan di pengadilan. Terlebih, kesaksian Schettino berbeda dengan kesaksian sejumlah penumpang kapal dan kru kapal.

Bohong besar

Saksi mata mengatakan, Schettino meninggalkan kapal sekitar pukul 23.00 waktu setempat – sekitar satu jam setelah kapal menabrak karang dan kapal mulai tergenang air. Padahal, para penumpang Concordia sendiri baru diselamatkan pada pukul 03.00 Sabtu dini hari.

Tak hanya itu, seorang penumpang asal Belanda, Monique Maurek (41) mengaku melihat Schettino minum-minum di bar bersama wanita cantik, sesaat sebelum kecelakaan terjadi. “Ini skandal. Aku melihat kapten kapal menghabiskan malam sebelum kapal menabrak karang, dengan minum-minum di bar sambil merangkul seorang perempuan cantik,” kata dia.

Juru mudi kapal saat peristiwa kecelakaan terjadi, Rusli yang merupakan Warga Negara Indonesia, juga mengatakan Schettino berbohong ketika diwawancarai oleh televisi. “Di televisi, dia (Schettino) bilang berada di ruang kemudi (saat kecelakaan terjadi). Itu bohong besar,” kata Rusli.

“Ketika kami sedang menyelamatkan penumpang, Kapten malah minum kopi di pulau. Saat itu, tak ada yang tahu kalau dia adalah kapten kapal,” ujar Teguh Haryono, kru Concordia lain yang juga berkewarganegaraan Indonesia.(np)

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!
Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024