Israel Tangkap Ketua Parlemen Palestina

Abdel Aziz Dweik, ketua parlemen Palestina
Sumber :
  • REUTERS/Fadi Arouri/Files

VIVAnews - Israel menangkap Ketua Parlemen Palestina, Abdel Aziz Dweik, yang diduga terlibat penangkapan tentara zionis Gilad Shalit. Sebelumnya, selama hampir tiga tahun, Dweik juga pernah ditahan oleh Israel.

Seperti diberitakan Al Jazeera, Dweik ditangkap tentara Israel di Ramallah, Tepi Barat, Kamis waktu setempat. Dweik memang telah diincar sebelumnya, pasca penangkapan Shalit oleh Hamas 2006 lalu pada baku tembak di perbatasan.

Shalit sendiri telah dibebaskan pada Oktober tahun lalu setelah ditukarkan dengan 1.000 tahanan Palestina di Israel.

Dweik dan beberapa pejuang Palestina lainnya pernah ditahan oleh Israel pada 6 Agustus 2006 karena keanggotaan mereka di kelompok Hamas. Dia dibebaskan tanpa syarat pada 22 Juni 2009.

Dia adalah Ketua Parlemen Palestina di Gaza, namun bertempat tinggal di Tepi Barat. Parlemen Palestina hingga saat ini belum berfungsi sebagaimana mestinya setelah Hamas mengambil alih Gaza dari Fatah pada 2007.

Parlemen rencananya akan kembali difungsikan setelah Fatah dan Hamas melakukan rekonsiliasi dan perundingan damai. Hamas mengecam keras penangkapan Dweik. Mereka mengatakan, Israel mencoba merusak rencana rekonsiliasi damai kedua kubu.

Pemerintahan Benjamin Netanyahu mengatakan berdamainya Fatah-Hamas akan mengganggu perundingan damai antara Israel dan Palestina. Menurut Netanyahu, Hamas merupakan kelompok teroris yang tidak dapat ditolerir keberadaannya. (eh)

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia
Ilustrasi asuransi.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Saat jalan raya semakin ramai dan kondisi berkendara semakin sulit, kemungkinan terjadinya tabrakan berpotensi meningkat. Asuransi dibutuhkan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024