Menlu Estonia Boyong Pengusaha ke Indonesia

Menlu Estonia, Usmar Paet (kanan) dan Menlu RI Marty Natalegawa
Sumber :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Estonia, Urmas Paet, memboyong pengusaha asal negaranya datang ke Indonesia. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengembangkan kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Estonia.

Dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, di Kementerian Luar Negeri Jakarta, Selasa 24 Januari 2012, Paet mengatakan telah membawa beberapa pengusaha dari berbagai bidang. Natalegawa mengatakan, para pengusaha swasta ini didatangkan untuk mencari peluang kerjasama dengan beberapa perusahaan di Indonesia.

"Peluang kerjasama dengan Estonia masih terbuka lebar untuk meningkatkan perekonomian kedua negara," kata Natalegawa.

Natalegawa mengatakan, para pengusaha tersebut bergerak di bidang logistik, pengembangan infrastruktur, keamanan maritim, manajemen perbatasan dan kesehatan. Paet menambahkan, para pengusaha tersebut juga banyak yang bergerak di bidang trasnportasi, teknologi dan logistik.

"Banyak kesempatan yang dapat tercipta di Indonesia. Namun terlebih dulu harus ada kesepakatan yang membentuk kerangka legal kerja sama tersebut," kata Paet.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Natalegawa mengatakan, hubungan perdagangan kedua negara menunjukkan kecenderungan positif. Selama Januari-Oktober 2011, hubungan tersebut bernilai hingga US$30 juta, meningkat 54,7 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Dalam hubungan ini, Indonesia surplus US$25 juta," kata Natalegawa.

Kunjungan Paet kali ini adalah tindak lanjut pertemuan kedua negara di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-66 di New York, September tahun lalu. Ini adalah kunjungan pertama menlu Estonia sejak kedua negara membuka hubungan diplomatik pada tahun 1993.

Selain membicarakan kerja sama ekonomi, pertemuan kedua Menlu di Jakarta hari ini juga membicarakan perjanjian penghindaran pajak berganda, investasi, dan pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik. Selain itu, kedua menlu bertukar pandangan soal situasi di masing-masing kawasan. (umi)

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024