Obama Akan Pidato Soal Cetak Biru Ekonomi AS

Presiden AS, Barack Obama, dan Menlu Hillary Clinton di Bali
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menyampaikan pidato nasional tahunannya Selasa malam waktu setempat di hadapan anggota kongres di Washington. Dalam pidatonya nanti, Obama akan menitikberatkan tentang bagaimana laju perekonomian AS berikutnya.

Seperti tercantum di rilis awal kutipan pidato Obama oleh Gedung Putih, dilansir dari CNN, 24 Januari 2012, Obama akan menyajikan "cetak biru ekonomi Amerika yang berlaku abadi."

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Dalam pidatonya nanti, Obama akan menyampaikan visinya soal generasi baru manufaktur teknologi tinggi AS dan pekerjaan dengan gaji yang tinggi.  Selain itu, Obama berharap AS dapat menjadi pemimpin dunia dalam mendidik rakyatnya.

"Masa depan dimana kita dapat mengendalikan sendiri energi, keamanan dan kemakmuran kita tanpa bergantung pada negara lain. Sebuah sistem perekonomian yang berlaku abadi, ekonomi yang membayar tinggi para pekerja keras, dan tanggung jawab sangat dihargai," tulis teks pidato Obama tersebut.

Selain itu, Obama akan mengumumkan pemberlakuan pajak baru menggantikan pajak Bush yang dinilai sudah kadaluarsa. Dengan pajak baru ini, orang-orang kaya akan membayar pajak lebih. Sistem ekonomi yang akan diumumkan Obama nanti akan membantu para pemilik rumah yang bermasalah dalam pembayaran.

Untuk mengatasi pengangguran yang mencapai 8 persen di AS, Obama akan meringankan pajak untuk perusahaan-perusahaan agar dapat membuka lapangan pekerjaan. Selain itu, pemerintah AS akan meningkatkan pendidikan dan pelatihan pekerjaan.

Dalam menghadapi persaingan dagang dengan China, Obama dalam pidatonya nanti akan mengumumkan pembentukan gugus tugas China untuk memonitor kemungkinan adanya pelanggaran dagang. Selain itu, Obama juga akan menambahkan anggaran untuk pengembangan energi bersih.

Seteru antara Partai Demokrat dan Republik di pemerintahan juga akan disinggung Obama dalam pidatonya nanti. Obama akan menyampaikan kembali kesiapannya bekerja dengan Republikan dalam memulihkan perekonomian AS.

"Apa yang dipertaruhkan saat ini bukanlah nilai-nilai Demokrat atau nilai-nilai Republikan, tapi nilai-nilai Amerika. Kita harus membangunnya kembali," tulis teks pidato Obama tersebut.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Selain ekonomi, Obama dalam pidatonya nanti akan mengetengahkan soal masalah luar negeri. Washington Post menuliskan, Obama akan menyampaikan di antaranya adalah ketegangan dengan Iran, dan hubungan dagang dengan China. Selain itu, Obama juga akan menyinggung soal penarikan tentara dari Irak dan Afganistan.

Pidato nasional tahunan adalah acara wajib setiap tahunnya oleh Presiden AS yang menjabat. Presiden akan berpidato di depan kongres, melaporkan kondisi terbaru negara. Selain itu, pidato akan menjadi ajang bagi presiden untuk memaparkan agenda legislatifnya dan prioritas program nasionalnya.

Arsenal

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Ian Wright mengklaim bahwa bintang PSG Vitinha dan pemain Manchester City Kevin De Bruyne memiliki faktor X yang sangat tidak dimiliki Arsenal saat melawan Bayern Munich.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024