Pidato Obama: Tambah Pajak Orang Kaya

Barack Obama saat pidato nasional tahunan di Kongres
Sumber :
  • REUTERS/Saul Loeb/Pool

VIVAnews - Presiden Barak Obama dalam pidato nasional tahunannya di hadapan kongres menyerukan dinaikkannya beban pajak bagi orang-orang kaya di Amerika Serikat. Selain itu, dalam visi ekonominya, Obama menyerukan perumahan murah bagi rakyat di negara tersebut.

Seperti dilansir dari Reuters, pada pidatonya di Washington Selasa waktu setempat, Obama menjanjikan perubahan sistem perpajakan negara. Dalam sistem yang baru, para miliuner di AS akan ditambahkan beban pajaknya hingga minimal 30 persen.

Sebelumnya, pemasukan pajak daripara orang kaya di AS hampir sama atau lebih rendah dari pada pajak dari rakyat kelas menengah. Selain menambah pajak orang kaya, Obama akan menurunkan pajak perusahaan dan memberikan insentif bagi perusahaan manufaktur AS.

Langkah ini dilakukan untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi pengangguran AS yang mencapai 8 persen dan menarik kembali para pekerja AS di luar negeri. Pemotongan pajak tidak berlaku untuk perusahaan multinasional yang diharuskan membayar setidaknya jumlah pajak minimum. 

"Saatnya untuk menghentikan bisnis yang menarik pekerja AS ke luar negeri dan mulai memberi penghargaan pada perusahaan yang dapat membuka pekerjaan di Amerika. Berikan kepada saya reformasi pajak, dan akan akan saya tandatangani secepatnya," kata Obama.

Untuk masalah perumahan, Obama mengatakan akan mengirimkan proposal kredit perumahan baru yang lebih murah bagi rakyat AS kepada Kongres. Jika ini terwujud, maka rakyat akan dapat menikmati perumahan dengan nilai kredit US$3.000 per tahun.

Untuk membayar utang nasional AS yang mencapai lebih dari US$15 triliun, Obama akan menyisihkan setengah dari penghematan anggaran militer untuk menutupi utang. Anggaran militer AS akan tersisa banyak setelah ribuan tentara mereka di Irak dan Afganistan mulai ditarik. Diprediksi, penghematan militer akan menyumbang sekitar US$440 miliar pada anggaran 2012-2021.

Dalam kebijakan energinya, Obama mengatakan telah membuka 75 persen tambang minyak lepas pantai dan gas yang potensial. Dia juga mengatakan, produksi minyak AS saat ini adalah yang tertinggi dalam delapan tahun terakhir.

Seluruh rancangan perekonomian yang disampaikannya disebut sebagai cetak biru perekonomian Amerika yang akan abadi.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

"Pikirkan tentang Amerika yang berada di genggaman kita: Negara yang memimpin dunia dalam mendidik rakyatnya. Negara Amerika yang membangun generasi baru manufaktur teknologi tinggi dan pekerjaan bergaji tinggi," ujar Obama, dikutip dari CNN.

"Masa depan dimana kita mengendalikan sendiri energi, keamanan dan kemakmuran kita tanpa bergantung pada negara lain. Sebuah sistem perekonomian yang berlaku abadi, ekonomi yang membayar tinggi para pekerja keras, dan tanggung jawab sangat dihargai," lanjutnya lagi.

Buah pepaya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Buah pepaya (Carica papaya) adalah buah tropis yang terkenal dengan rasa manisnya dan kandungan nutrisinya yang kaya, terutama bagi tubuh sehingga semakin sehat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024