Pasukan Khusus Navy SEAL Selamatkan Sandera

Latihan pasukan khusus Navy SEAL.
Sumber :
  • US Navy

VIVAnews - Pasukan khusus AS, Navy SEALs, kembali beraksi. Setelah tahun lalu menjalani misi membunuh Osama bin Laden di Pakistan, unit khusus SEAL Team Six Rabu kemarin berhasil menyelamatkan dua sandera di Somalia.

Kabar keterlibatan SEAL Team Six itu tidak diungkapkan secara resmi, melainkan oleh sumber anonim di pemerintah AS, seperti yang dikutip kantor berita Reuters. Presiden Barack Obama Senin kemarin memberi lampu hijau bagi pasukan khusus AS itu untuk menjalani misi penyelamatan sandera. 

Dua sandera itu adalah seorang perempuan asal Amerika bernama Jessica Buchanan (32) dan warga Denmark, Poul Hagen Thisted (60). Mereka adalah pekerja kemanusiaan yang menjadi sandera sekelompok bersenjata di Somalia sejak 25 Oktober 2011. Walaupun dibebaskan tanpa luka, namun salah satu tawanan dikabarkan mengalami sakit serius.

Selain menyelamatkan sandera, pasukan khusus itu menembak mati sembilan penyandera. Tidak ada yang luka di pihak penyelamat. Mereka terjun dari pesawat di lokasi dekat kota Gaado, Somalia bagian tengah.  

"Amerika Serikat tidak akan mentolerir penculikan warga kita dan sekuat tenaga menjamin keselamatan warga serta menyeret para pelaku ke muka hukum," kata Obama dalam pernyataan setelah misi penyelamatan berakhir sukses.

Dalam siaran di stasiun televisi lokal, Wakil Presiden AS Joe Biden mengatakan pihaknya memberi izin pasukan melakukan penyerbuan karena kondisi Buchanan yang memburuk. Hal ini dikonfirmasi oleh Perdana Menteri Denmark Villy Soevndal di tempat terpisah.

"Kondisi kesehatan Jessica memburuk. Pasukan ingin melakukan penyerbuan pada saat itu, dan Presiden Obama mengizinkan mereka," kata Biden.

Buchanan dan Thisted bekerja sebagai relawan di Danish Demining Group cabang Galkayo. Mereka diculik sepasukan pria bersenjata dan ditawan di sebuah tempat yang berjarak 100 kilometer dari Galkayo.

Saat pasukan penyelamat tiba di lokasi dengan parasut, para penyandera sedang tertidur. Usai membebaskan sandera, pasukan pergi menggunakan helikopter ke basis militer AS di Djibouti.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024