Kapten Kapal Karam: Saya Diperintah Manajer

Polisi tangkap kapten Kapal Costa Concordia yang kandas
Sumber :
  • REUTERS/Enzo Russo/ANSA

VIVAnews - Transkrip percakapan telepon antara Fransesco Schettino, kapten kapal Costa Concordia yang karam di lepas pantai Italia, dengan seseorang bocor ke media. Dalam transkrip tersebut, Schettino mengaku salah membuat Costa Concordia kandas sehingga menewaskan belasan penumpang.

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN

Namun, menurut Schettino, kesalahan itu terjadi karena dia menuruti permintaan manajer dari perusahaan pemilik kapal, Costa Cruciere.

Seperti dikutip kantor berita Reuters, 25 Januari 2012, transkrip tersebut berasal dari percakapan Schettino dengan seseorang bernama Fabrizio lewat telepon dari kantor jaksa saat ditahan pada 14 Januari. Rupanya, percakapan itu direkam tanpa sepengetahuan pihak berwenang.

"Fabri... Siapapun yang ada di posisiku tentu tak akan berlayar. Namun mereka membuatku muak dengan terus berkata ke sana saja, ke sana saja," kata Schettino, yang mengimplikasikan kalau ia mendekati pulau atas perintah manajernya.

"Ternyata memang ada karang di sana, tetapi tidak terdeteksi dengan instrumen di dalam kapal. Namun aku terpaksa berlayar mendekatinya demi memuaskan manajer," katanya lagi.

Sebuah sumber di kantor kejaksaan meyakini rekaman yang sudah diterjemahkan dari bahasa Italia berdialek Neapolitan kental ke dalam bahasa Italia standar itu asli. Pengacara Schettino, Bruno Leporatti, tidak mengomentari transkrip yang dimuat surat kabar La Republica, namun ia meminta kliennya tidak diperlakukan semena-mena.

Sementara itu, penyidik mengatakan kalau Schettino mengarahkan Costa Concordia hingga 150 meter dari tepi pantai untuk menjalani ritual penghormatan. Pihak perusahaan yang diwakili oleh Direktur Costa Cruciere, Pier Luigi Foschi mengaku bahwa kapal diizinkan mendekati pantai dengan kondisi tertentu.

Ia menambahkan, hal ini biasa dilakukan oleh perusahaan kapal pesiar lainnya. Namun pihak perusahaan tidak mengira bahwa kapal mereka terlalu dekat dengan pantai hingga menabrak karang.

"Atas kasus ini, pihak perusahaan tidak mengetahui manuver yang dilakukan Schettino," jelas Foschi di hadapan Senat Italia.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Baca juga: Kisah Tenggelamnya Kapal Concordia

Alyssa Soebandono

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Menyambut kelahiran anak pertama, Alyssa Soebandono merasa sangat antusias. Diungkap Dude, Istrinya itu sampai membeli baju-baju untuk anak perempuannya tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024