- VIVAnews/Indrani Putri
VIVAnews - Menumbuhkan minat baca masyarakat sekarang merupakan pekerjaan yang cukup menantang. Padahal, membaca adalah cara paling mudah untuk lebih mengenal dunia, karena pengertian membaca tidak sebatas membaca teks, namun juga membaca konteks sehingga mampu mengenal alam semesta.
Untuk mendukung kampanye gemar membaca itulah, Pusat Kebudayaan Amerika Serikat @america bekerjasama dengan PT. Freeport Indonesia mendirikan kios @america di taman bacaan Learning Lounge lantai 3 Plaza Semanggi. Taman bacaan ini adalah milik Dewi Hughes International Foundation, sebuah yayasan pendidikan milik Dewi Hughes.
Di kios tersebut, @america menaruh sebuah layar bersistem touch screen yang menampilkan berbagai menu ilmu pengetahuan. Melalui alat ini, para pengunjung dapat mengakses seluruh informasi soal Amerika Serikat dan sejarahnya.
"Tujuan dibukanya kios pertama @america ini adalah agar masyarakat lebih mengetahui banyak hal tentang dunia dan juga tentang AS. Selain itu, pengunjung juga diharapkan bisa lebih mendapat gambaran tentang kegiatan-kegiatan yang diadakan di @america," kata Duta Besar AS Scot Marciel di Plaza Semanggi, Kamis 26 Januari 2012.
Kios @america ini merupakan yang pertama kalinya didirikan di Jakarta. Namun Marciel mengungkapkan, tak menutup kemungkinan akan didirikan kios serupa di mal-mal lain di Jakarta untuk mendukung kampanye gemar membaca.
Menurut Direktur Pendidikan Masyarakat Kemdiknas Ella Yulaelawati, adanya kios @america yang berbasis digital ini juga diharapkan mampu mengurangi kesenjangan digital. "Kios ini diharapkan mampu mengurangi kesenjangan digital dalam pemberian informasi, serta mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia," ujar Ella. (eh)