VIDEO: Pondasi Taj Mahal Miring

Taj Mahal
Sumber :
  • Richard I'Anson/ Lonely Planet

VIVAnews - Pondasi bangunan bersejarah di Kota Agra, India, Taj Mahal mengalami kemiringan. Menurut Departemen Lingkungan di Universitas Agra, India, pondasi menara bangunan peninggalan abad ke-17 itu miring 4 sentimeter.

Penyebabnya diduga adalah berkurangnya air tanah yang berada di bawah bangunan yang berusia 358 tahun itu. Air tanah itu berkurang diduga karena menyusutnya air di Sungai Yamuna yang terletak di dekat bagunan itu.

Akibat berkurangnya air tanah itu, tanah di sekitar bangunan indah itu mengalami penurunan. Hal itu menyebabkan salah satu pilar penopang pondasi retak. Sehingga bangunan yang ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia oleh UNESCO itu mengalami kemiringan.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Selain miring, warna putih cat bangunan itu telah memudar. Tembok di beberapa bagian bangunan Taj Mahal mulai menguning dan lembab. Penyebabnya adalah polusi udara di kota itu.

Setiap hari, sekitar 20 ribu pengunjung mendatangi bangunan ini. Mereka ingin menyaksikan secara langsung bangunan yang merupakan bukti cinta Raja Syah Jahan terhadap istrinya itu.

Lihat videonya di tautan ini.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024
Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024