Arroyo Didesak Segera Pindah ke Rutan

mantan presiden filipina gloria macapagal arroyo
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAnews - Mantan Presiden Filipina, Gloria Macapagal-Arroyo, akan menjalani sidang awal di Pengadilan Manila pada Jumat esok untuk menentukan jadwal pemindahannya dari tahanan rumah ke penjara.

Geger Aktivis Dipenjara 5 Tahun karena Kecam Negaranya Pro-Israel

Kondisi Arroyo, yang menghadapi tuduhan kecurangan pemilu dan korupsi, dikabarkan mulai berangsur membaik dari sakitnya sehingga Komisi Pemilihan Umum Filipina sebagai pihak penggugat meminta agar dia dipindahkan ke rumah tahanan negara.

Menurut Felda Domingo, juru bicara pengadilan Pasay City, para pengacara Arroyo diperkirakan akan menanggapi mosi KPU sebelum sidang awal pada 3 Februari 2012. "Para pengacara juga bisa mengajukan mosi yang menentang pemindahan klien mereka selama sidang," kata Domingo, seperti dimuat The Philippines Star Rabu 1 Februari 2012.

Dokter Arroyo juga akan dihadirkan dalam sidang untuk menyerahkan perkembangan kesehatan Arroyo. Dari laporan, akan ditentukan bisa atau tidaknya Arroyo dipindahkan ke penjara biasa.

Hakim Jesus Mupas telah menentukan pembacaan dakwaan tanggal 20 Februari untuk Arroyo serta mantan gubernur Andal Ampatuan Sr., serta mantan panitia pemilu Maguindanao, Lintang Bedol yang terkait kecurangan pemilu senator 2007.

Pihak pengacara Arroyo sendiri telah mengajukan mosi supaya kliennya tetap diizinkan menjalani tahanan rumah.

Sementara itu, wakil presiden Filipina Jejomar Binay mengatakan tidak mendukung keputusan mencampur Arroyo dengan tahanan lain di penjara biasa. "Arroyo harus diperlakukan secara adil, mengingat dia mantan presiden Filipina," ujarnya.

Sejumlah Tuduhan

Panglima TNI Geram Anak Buahnya Tewas karena Ulah OPM: Kemarin Danramil Saya Ditembak

Menurut kantor berita Reuters, Arroyo sejak 18 November 2011 resmi ditahan atas kasus kecurangan pemilu. Arroyo, yang  juga dicurigai terlibat korupsi, bisa terancam hukuman penjara seumur hidup bila nanti terbukti bersalah di sidang pengadilan.

Memerintah Filipina dari 2001 hingga 2010, Arroyo menghadapi tuduhan kecurangan pemilu dan korupsi. Namun belum ada gugatan resmi atas Arroyo ke pengadilan.

Mantan pemimpin berusia 64 tahun itu bersama suaminya, Mike Arroyo, menghadapi dua tuduhan terkait kasus kecurangan pemilu untuk memilih anggota parlemen pada 2007. Kecurangan tersebut membuat seorang calon dari pihak oposisi gagal meraih kemenangan.
 
Selain itu Arroyo juga menghadapi tuduhan kecurangan pemilu presiden 2004 dan korupsi pada pemerintahannya.(np)

Dirugikan Wasit, Ini 5 Fakta Timnas Indonesia Usai Ditekuk Qatar di Piala Asia U-23
Ilustrasi zodiak

Ramalan Zodiak Selasa 16 April 2024: Scorpio Bertemu Kenalan Lama, Ada Masalah Serius untuk Aquarius

Ramalan zodiak Selasa, 16 April 2024. Virgo teringat dengan kenangan masa lalu. Scorpio bertemu dengan kenalan lama. Aquarius, ada kemungkinan masalah serius.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024