Baju dan Cincin Khadafi Dijual Rp17,9 Miliar

Moammar Khadafi saat ditangkap tentara NTC
Sumber :
  • REUTERS/ Social Media Website via Reuters TV

VIVAnews - Baju krem bersimbah darah yang telah mengering dan cincin kawin yang melingkar di jari Moammar Khadafi saat kematiannya Oktober tahun lalu, dijual di dunia maya oleh seorang pria Libya, Ahmed Warfali.

Dilansir Daily Mail, harganya mencapai US$2 juta atau sekitar Rp17, 9 miliar untuk dua benda itu. Namun, harganya bisa lebih tinggi jika terjual di Eropa.

Namun, muncul perdebatan mengenai etis atau tidaknya penjualan baju serta cincin perak berukiran tanggal pernikahan Khadafi dengan istri keduanya, 10 September 1970, itu. Foto cincin ini telah diunggah di situs ArabsToday.net.

"Cincin itu bukan milik Khadafi. Itu harta Libya dan Warfali tidak seharusnya menjual cincin itu," kata seorang pengguna internet dalam sebuah laman Facebook khusus penduduk Zintan, kota tempat Khadafi dan putranya Mutassim menjemput ajal di tangan pemberontak.

Komentar yang bermunculan mayoritas bernada kecaman. Bahkan, ada yang menyinggung nama Saif, putra Khadafi yang ditangkap November lalu. "Anda bisa menjual Saif Khadafi seharga US$20 miliarĀ  jika Anda tidak ingin pria ini menjual cincinnya," demikian bunyinya.

Pasca kematian Khadafi, kondisi Libya masih belum sepenuhnya tenang. Pergolakan masih terjadi karena kaum militan masih berebut kekuasaan. Tidak diketahui bagaimana Warfali bisa mendapatkan barang-barang Khadafi. (umi)

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Selain Indonesia, tahun 2024 akan ada 64 negara yang juga menyelenggarakan pemilu. Sebagian besar Pemilu 2024 akan terjadi di Benua Eropa, dimana akan ada 19 negara yang

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024