VIDEO: Ratusan Pengendara Terjebak Salju

Ratusan Pengendara Terjebak Salju di Bosnia
Sumber :
  • kabar terkini-tvOne

VIVAnews - Cuaca ekstrem masih melanda Eropa. Di Bosnia, petugas diturunkan ke sejumlah daerah di Sakolac untuk mengevakuasi pengendara yang terjebak salju.

Bahkan, sebagian orang yang mengalami hipotermia akibat cuaca yang super dingin ini langsung dilarikan ke rumah sakit.

Di bagian timur Sarajevo, petugas mengevakuasi ratusan penduduk dari beberapa desa. Ini karena cuaca yang makin memburuk dan menipisnya persediaan makanan. Namun masih saja banyak penduduk yang menolak di evakuasi.

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?

Akibat tebalnya salju juga menyebabkan beberapa rumah rusak dibagian atap karena tak mampu menahan salju yang terus menumpuk. Cuaca super ekstrem ini diduga akibat pemanasan global. Lihat videonya di tautan ini.

Sementara itu, jumlah korban tewas akibat cuaca ekstrem di Eropa terus bertambah. Korban terbanyak di Ukraina. Diberitakan Reuters, per Sabtu 4 Februari 2012, korban tewas di Ukraina adalah yang terbanyak di antara beberapa negara Eropa lainnya.

Tercatat, sebanyak 122 orang meninggal dalam kurun waktu delapan hari karena hipotermia atau radang dingin. Sedikitnya 250 orang telah meninggal di seluruh Eropa. Suhu di negara pecahan Uni Soviet ini adalah yang terparah, mencapai minus 33 derajat celsius selama satu pekan terakhir.
 
Sebanyak 78 orang yang tewas di Ukraina ditemukan tergeletak di jalan. Mereka adalah kaum tuna wisma yang tidak mendapatkan perlindungan apapun dari cuaca dingin. Stasiun kereta api di Kiev kebanjiran para gelandangan, beramai-ramai mereka mencari tempat hangat di antara peron dan gerbong kereta.

Rumah sakit di negara ini juga kebanjiran pasien. Kementerian Kesehatan mengatakan, saat ini terdapat hampir 1.600 orang yang dirawat akibat cuaca dingin. Pemerintah juga telah menyalurkan 3.000 tenda berpenghangat, makanan dan minuman ke seluruh kota untuk menaungi para tuna wisma.

Cerita yang sama juga dialami di Polandia, dimana 37 orang meninggal dalam sepekan. Para tunawisma yang tewas tidak dapat bertahan dari cuaca dingin dengan hanya menggunakan perapian seadanya yang mereka buat. Beberapa lainnya tewas karena tertidur di atas salju setelah mabuk karena kebanyakan menenggak alkohol.

Di negara-negara Balkan di tenggara Eropa, banyak warga yang terjebak di dalam rumahnya, atau terparah di dalam mobilnya yang terkubur salju. Pemerintah Bosnia-Herzegovina bahwa telah mengumumkan status darurat Sabtu pekan lalu. Di wilayah pesisir Kroasia, yang jarang mendapat salju, tentara diturunkan untuk membantu warga yang terjebak. (ren)

Chandrika Chika

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?

Selain Chandrika Chika, ada 5 orang lainnya yang merupakan teman dari selebgram tersebut, di antaranya adalah yang berinisial AT (24), MJ (22), AMO, BB dan AJ.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024