Korban Tewas Cuaca Dingin Eropa 650 Orang

Cuaca Dingin Eropa Timur
Sumber :
  • REUTERS/Osman Karimov

VIVAnews - Cuaca dingin ekstrem masih terus terjadi di belahan bumi Eropa hingga hari ini. Korban tewas karena kedinginan terus bertambah, saat ini sudah menembus angka lebih dari 650 orang di berbagai negara.

Dilansir dari Telegraph, Kamis 16 Februari 2012, korban tewas terbanyak terdapat di Rusia dengan 205 orang. Sementara itu di Ukraina, sebanyak 112 orang tewas, 107 tewas di Polandia, 86 tewas di Rumania, dan 23 lain tewas di Lithuania.

Korban tewas juga dilaporkan di Bulgaria, Estonia, Latvia, Serbia, Kroasia, Montenegro, dan Slovenia. Namun negara yang mengalami dampak terberat musim dingin ekstrem adalah Rumania.

Negeri Seribu Kastil itu kini mengalami krisis listrik akibat menurunnya sumber daya energi. Sedikitnya 23 ribu penduduk di 225 wilayah terisolasi salju tebal lebih dari sepekan. Seiring dengan usaha regu penyelamat mengirim bantuan, warga mengkhawatirkan rumah mereka ambruk tertimpa salju.

Para peternak Rumania mengkhawatirkan kesehatan ternak mereka seperti domba, kambing, kuda, dan sapi. Seorang peternak babi bahkan menggiring babinya ke dalam rumah supaya tidak kedinginan.

Di Ceko, sebanyak 100 mobil mogok di tengah jalan, membuat jalan utama yang menghubungkan Praha dengan Ceko timur dan Slovakia terblokir. Tidak diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Badai salju di negara ini juga mengakibatkan 40 mobil bertabrakan dan menyebabkan dua orang terluka di timur Praha. Kecelakaan lain di tenggara Praha yang melibatkan puluhan kendaraan termasuk sebuah bus, melukai lima orang. Kecelakaan diduga akibat jalanan yang membeku dan licin.

Musim dingin kali ini merupakan yang terburuk di Eropa sejak beberapa dekade. Durasi musim dingin yang diperkirakan akan berlangsung sebulan ini diperkirakan akan memakan semakin banyak korban dan meroketkan harga minyak Eropa. (umi)

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies
Cak Imin menerima silaturahmi politik DPP PKS ke kantor DPP PKB

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

PKS dan PKB menyepakati kerjasama politik untuk berkoalisi di Pilkada serentak 2024. PKS siap memenangkan calon di basis PKB, pun sebaliknya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024