AS Gagalkan Misi Bom Bunuh Diri di Kongres

Sketsa sidang pengadilan AS atas Amine El Khalifi
Sumber :
  • REUTERS/Dana Verkouteren/Handout

VIVAnews - Seorang pria asal Maroko ditangkap di dekat Gedung Kongres AS, Washington DC. Dia diduga akan menjalani misi bom bunuh diri dengan memasang bahan peledak pada rompi yang dia pakai. Pelaku sudah jadi target pantauan aparat keamanan AS selama setahun.

Departemen Kehakiman AS, seperti dikutip kantor berita Reuters, mengungkapkan bahwa penangkapan berlangsung pada Jumat waktu setempat oleh Biro Penyelidik Federal (FBI) dan polisi distrik Capitol. Dia selanjutnya dibawa ke pengadilan di Alexandria, Virginia, dan dikenakan tuduhan berupaya merusak properti pemerintah, berupaya meledakkan bom dan menembak orang lain.

Terdakwa terancam hukuman penjara maksimal sampai seumur hidup bila terbukti bersalah. Dia adalah Amine El Khalifi, imigran asal Maroko berusia 29 tahun yang tinggal di Alexandria.

Ada Konflik Israel-Iran, Pemerintah Bakal Beri Bansos?

Menurut FBI, El Khalifi sudah mereka pantau selama setahun dengan melibatkan agen-agen yang menyamar.

"Menurut berkas perkara, Amine El Khalifi berupaya meledakkan diri di dalam gedung Kongres," kata Jaksa Neil MacBride. "El Khalifi diduga yakin bahwa dia bekerjasama dengan al-Qaeda. Sedangkan rencana, penentuan target dan metodenya dia buat sendiri," lanjut MacBride.
 
Menurut catatan pengadilan, El Khalifi masuk ke AS pada 1999 dengan visa kunjungan. Dia tetap tinggal di Negeri Paman Sam walau izin kunjungan sudah kadaluarsa (overstay). Dia pun tidak pernah mendaftar permohonan sebagai penduduk tetap.

Menurut catatan FBI, pada Januari 2011 seorang informan melaporkan bahwa El Khalifi bertemu dengan sejumlah orang di suatu rumah di Arlington. Mereka saat itu merencanakan serangan atas kampanye perang melawan terorisme yang dilancarkan AS sejak September 2001.

Bulan lalu, El Khalifi berencana untuk mengebom Gedung Kongres setelah sebelumnya ingin menyerang restoran. Tanggal misi yang dia pilih adalah 17 Februari 2012. Informasi itulah yang membuat FBI langsung bergerak menangkap El Khalifi, yang saat itu berada di suatu tempat parkir yang berjarak beberapa blok dari gedung Kongres.

Ilustrasi berkendara motor.

Aksi Pengendara Motor Wanita Gagal Menanjak hingga Jatuh Terguling

Baru-baru ini terdapat sebuah rekaman video di media sosial yang menunjukkan aksi pengendara motor wanita, yang berboncengan dengan kawannya sedang menanjak sebuah jalana

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024